Home / Banten / Hilangkan Trauma Korban Tsunami,SQT Banten Lakukan Quranic Trauma Healing

Hilangkan Trauma Korban Tsunami,SQT Banten Lakukan Quranic Trauma Healing

WONGBANTEN.ID,PANDEGLANG-Tsunami Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu 22 Desember 2018 silam, hingga kini masih menyisakan duka bagi para korban maupun masyarakat yang tinggal di pesisir Banten, salah satunya yang berada di wilayah Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.

Apalagi untuk masyarakat Labuan, yang hingga kini masih merasakan dampak bencana karena pasca tsunami sudah terjadi tiga kali banjir besar yang berulang-ulang menerjang pemukiman warga.

Banjir ini terjadi akibat muara sungai Cipunten Agung dipenuhi oleh bangkai perahu yang terdampar akibat hempasan gelombang tsunami,yang mengakibatkan air sungai mampat yang akhirnya meluap ke permukiman warga.

Untuk menghilangkan trauma warga pasca bencana, Komunitas Sehat Qolbu Terapi (SQT) Banten pimpinan Ustadz Sumedi Latif serta Qur’anic Healing Indonesia (QHI) Kamis ( 3/1) kemarin menggelar trauma healing dengan menggunakan metode ruqyah ( Qur’anic trauma healing ) dengan ayat-ayat suci Al-Quran di berbagai posko pengungsian yang ada di wilayah Kecamatan Labuan. Di antaranya Di MTsN 2 Pandeglang di Kampung Karabohong dan di posko Majelis Ta’lim Al-Ikhlas.

Acara ini diikuti oleh anak-anak maupun orang dewasa. dalam sesi terapinya para ustadz yaitu ustadz Sumedi, ustadz Deni, ustadz Ismail, Ustadz Rohman, dan ustadz Anton membimbing warga untuk berlatih ruqyah mandiri dengan membaca surat di Al Quran yang di bacakan di depan botol air dan madu.

Setelah selesai dibacakan doa airnya diminum dan diharapkan bisa memberikan ketenangan qalbu serta menepis gangguan jin yang membisikan was-was di hati manusia.

“Dengan kegiatan ini kami berharap masyarakat bisa mencari hikmah terbaik di balik musibah yang datang dan selalu percaya bahwa Allah tidak memberikan cobaan diluar batas kemampuan manusia,”begitu kata ustadz Sumedi.

Usai ruqyah masyarakat juga diberikan motivasi dan tausiyah serta bingkisan minyak herbal dan pasta gigi herbal.

Komunitas SQT dan QHI menyatakan akan dengan senang hati datang ke posko pengungsian bila memang ada masyarakat yang meminta bimbingan melakukan ruqyah mandiri untuk keperluan trauma healing.(dewi)

Check Also

Bupati Pandeglang: Saya Minta Para Camat Laporan Setiap Hari Pelaksanaan PPKM Mikro

WONGBANTEN.ID, PANDEGLANG-Para camat diharapkan memberikan laporan atau report setiap hari mengenai perkembangan penerapan maupun pelaksanaan …

Bupati Pandeglang:Penyandang Tuna Rungu Jangan Termarjinalkan, Beri Mereka Pelatihan Kerja

WONGBANTEN.ID,PANDEGLANG-Para penyandang tuna rungu di Kabupaten Pandeglang tidak boleh termarjinalkan di lingkungan masyarakat, malah para …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *