Home / Banten / Pengendara Ditilang di Cilegon,Mayoritas Tak Bawa Kelengkapan Surat Kendaraan
Seorang anggota Satlantas Polres Cilegon memeriksa kelengkapan surat kendaraan pemotor saat razia rutin di Jalan KH Yasin Beji,Kamis (31/1). Foto:poe/wongbanten.id

Pengendara Ditilang di Cilegon,Mayoritas Tak Bawa Kelengkapan Surat Kendaraan

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Puluhan pengendara sepeda motor terjaring razia rutin yang digelar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilegon,sebagian pemotor yang ditindak langsung (tilang) oleh petugas tidak membawa surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK),tidak memiliki atau membawa surat izin mengemudi (SIM).

“Dari hasil razia para pengendara sepeda motor rata-rata tidak membawa kelengkapan surat-surat kendaraan,” ujar Kaur Bin Ops Lantas Polres Cilegon Iptu Benny Galingging,Kamis (31/1).

Razia digelar pihak kepolisian bersama Dinas Perhubungan Kota Cilegon di lapangan Sumampir Jalan KH Yasin Beji,seluruh kendaraan baik sepeda motor maupun mobil diberhentikan petugas,kemudian mereka diminta menunjukan kelengkapan surat-surat kendaraannya,sementara petugas dishub memeriksa kelengkapan surat kendaraan angkutan umum dan angkutan barang .Dari pantauan Wong Banten.id,saat razia ternyata banyak pengendara sepeda motor yang ditilang karena tidak bisa menunjukan STNK atau SIM.Ada pula pemotor yang STNK nya tidak dibawa.

“SIM saya belum punya,tapi STNK ada di rumah,” ujar salah seorang pemotor kepada petugas.Iptu Benny juga mengungkapkan ada pemotor yang hanya membawa fotocopy STNK kendaraannya,seharusnya menurut dia pengendara membawa STNK asli.

Benny menjelaskan SIM merupakan tanda bukti yang menyatakan seseorang diizinkan untuk mengendarai kendaraan bermotor tertentu oleh pihak kepolisian. Untuk mendapatkan SIM lanjut dia,seseorang harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan mengikuti ujian yang diadakan oleh Polri.

“Dengan dapat menunjukkan SIM maka seseorang telah dinyatakan boleh membawa suatu jenis kendaraan tertentu sesuai dengan jenis SIM yang dimilikinya,” terang dia.

Sementara STNK merupakan tanda bukti bahwa suatu kendaraan telah terdaftar dan diijinkan untuk beroperasi di jalan umum oleh pihak kepolisian. Setiap STNK memiliki identitas seseorang atau badan hukum yang bertindak sebagai pemilik kendaraan sekaligus sebagai penanggung jawab kendaraan apabila terjadi apa-apa.(poe)

Check Also

Pendidikan Sejarah FKIP Untirta Adakan Work Shop Karya Ilmiah

WONGBANTEN.ID, Serang Untuk mempertajam analisis dalam menyusun sebuah karya tulis, Pendidikan Sejarah FKIP Untirta menggelar …

Lolos Ke Final, Atlet Muay Thai Banten Menangis Dipeluk Wagub 

WONGBANTEN.ID. JAYAPURA – Mia Amalia, atlet Muay Thai Provinsi Banten berhasil lolos ke babak final …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *