Home / Lingkungan / Citaman, Kolam Purba Di Ujung Barat Pulau Jawa
Kolam Citaman.area pemandian purba seluas 350 m2 di Kabupaten Pandeglang. Foto:dewi

Citaman, Kolam Purba Di Ujung Barat Pulau Jawa

Pernahkah anda membayangkan bagaimana rasanya hidup di zaman purba ? Kalau susah melakukannya, ada baiknya anda datang ke Pandeglang. Di kabupaten berjuluk kota Badak tersebut, anda bisa menemukan sebuah area pemandian purba seluas 350 m2 yang bernama Kolam Citaman.

Berada di kolam era Megalitik terluas di Indonesia ini, anda akan dengan mudah membayangkan bagaimana nenek moyang kita melakukan ritual ritual pemujaan kepada Tuhan yang diawali dengan ritual menyucikan diri sebelum naik untuk beribadah di Situs Batu Goong yang berada di bukit di atas area Kolam Citaman.

Oh iya, sebagai informasi, kolam Citaman ini diduga dibuat di zaman Kerajaaan Salakanagara yang kala itu termasuk kerajaan terbesar di Nusantara, karena wilayahnya melingkupi Banten hingga Sumatera termasuk gugusan pulau pulau kecil di dekat Gunung Krakatau yang kala itu disebut sebagai wilayah Agni Nusa.

Keterangan tentang Salakanagara sendiri ditulis dalam Kitab Wangsakerta (Rya Rya I Bhumi Nusantara) yang menyatakan bahwa pusat kerajaannya berada di Pandeglang, sekira tahun 130 hingga 362 Masehi.

Lantaran ke-purbaannya itu, janganlah anda membayangkan kolam Citaman seperti kolam era modern. Di kolam Citaman, pengunjung akan melihat bahwa kolam dibangun dari batu batu bulat yang disusun untuk membendung air yang keluar dari mata air. Nggak Cuma itu, di sejumlah titik, ada batu-batu besar yang berserakan begitu saja. Namun, jangan coba-coba menaiki batu besar itu ya, karena Anda akan dimarahi oleh masyarakat setempat yang mempercayai bahwa batu tersebut bertuah.

Area kolamnya ada 3 bagian. Satu di sebelah kiri dan dua kolam lainnya di kanan. Area tempat 3 kolam itu berada dipagari oleh pemerintah, namun di luar area itu masih ada kolam kolam kecil yang airnya juga dipakai untuk mandi oleh masyarakat. Terlihat warung warung, dan musholla di sudut kolam.

Ada juga mitos,air di kolam Citaman dipercaya oleh sebagian masyarakat memiliki tuah. Diantaranya kejayaan, pengasihan bahkan ada pula yang dipercaya bisa mengalihkan kesialan dari diri seseorang ke orang lain atau dalam bahasa Sunda disebut palias. Oleh karena itu, Anda yang percaya hal tersebut, baiknya bertanya dulu pada masyarakat setempat kolam mana yang baik untuk direnangi.

Lantaran sumber airnya alami, air kolam Citaman sangat sejuk dan bersih. Selain dipakai untuk keperluan air minum, dan wisata, air dari kolam Citaman dialirkan ke pesawahan yang ada di sekeliling area kolam. Bahkan, bila Anda tiba di kolam menjelang sore, Anda akan dengan mudah menemukan orang dewasa warga setempat yang mandi setelah seharian bergulat dengan lumpur di sawah. Anak-anak pun, biasa berenang di kolam purba ini selepas sekolah dan persiapan sebelum mengaji atau sekolah di madrasah.

Tapi walaupun dipergunakan untuk banyak hal, air kolam Citaman tak pernah kering dan selalu jernih bahkan saat di musim penghujan tiba. Bukan itu saja, mata air Citaman juga tak akan pernah surut kendati musim kemarau. Ini semua lantaran kemurahan Tuhan yang membuat belasan mata air di Citaman.

Oleh karena itu, sebagai wisatawan yang baik diharapkan bisa menjaga kelestarian kolam dengan tidak membuang sampah sembarangan atau makan sambil berenang. Tak hanya itu, masyarakat juga kerap melarang wisatawan menggunakan sabun dan shampo di kolam karena dikawatirkan mencemari kolam. Untuk keperluan mandi, sudah ada sejumlah kamar salin dan kamar mandi sederhana di sekeliling kolam.

Oh ya, ada baiknya bila Anda datang ke Citaman, bawalah motor saja, karena kendaraan roda empat tak bisa sampai ke area kolam. Kita harus berjalan sekira 500 meter dari lokasi parkir ke gerbang Citaman. Selain itu, bawalah kamera anti air agar Anda bisa mendapatkan underwater fotografi yang ciamik. Susunan batu-batu di sekeliling kolam dipadu pohon Nipah (Kirai) menambah indah foto Anda.

Maka, bila Anda ingin merasakan sensasi berenang di kolam kuno, jangalah ragu untuk berkunjung ke Kolam Citaman ya.(dewi)

Check Also

Harapan Wagub Banten:Target Saber Pungli, Pelayanan Publik dan Cegah Korupsi

WONGBANTEN.ID,SERANG– Guna memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien serta mencegah terjadinya tindak  korupsi di …

Cegah Penyebaran Covid-19,Polres Cilegon Terapkan Protokol Kesehatan

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Kota Cilegon saat ini masuk kategori penyebaran virus corona  sedang atau zona oranye. Di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *