Home / Pendidikan / Mengenal Profesi Polisi Siswa TK Kusuma Kunjungi Mapolres Cilegon
Puluhan murid dari TK Kusuma,Kramatwatu mendengarkan penjelasan Kasat Binmas Polres Cilegon AKP M.Supur tentang lampu lalulintas. Foto:ps

Mengenal Profesi Polisi Siswa TK Kusuma Kunjungi Mapolres Cilegon

Ada stigma di kalangan sebagian besar anak, terutama kalangan anak usia dini polisi merupakan sosok yang menakutkan dan galak.Apalagi bila melihat anggota polisi yang membawa senjata api.Padahal sesungguhnya,polisi merupakan mitra masyarakat sekaligus pelindung dan pengayom.

Namun gambaran itu tidak terlihat di wajah sekitar 73 anak usia dini yang belajar di Taman Kanak-kanak Kusuma,Kramatwatu,Serang.Puluhan siswa taman kanak-kanak (TK), berseragam satuan polisi lalu lintas kemarin berbaris rapi di Taman Lalu Lintas yang berada di depan Mapolres Cilegon.Dengan serius puluhan murid dari TK Kusuma,Kramatwatu itu mendengarkan penjelasan Kasat Binmas Polres Cilegon AKP M.Supur yang berdiri di samping miniatur traffict light atau lampu lalulintas.

“Coba siapa yang tahu warna lampu lalu lintas?,” ujar AKP M.Supur bertanya kepada siswa TK Kusuma,Kramatwatu.Tanpa dikomando,para siswa itu menjawab bersahutan merah,kuning,hijau, M.Supur lalu meminta kepada para polisi kecil itu siapa yang tahu arti ketiga warna traffict light tersebut.

“Merah kendaraan berhenti,warna kuning hati-hati kalau warna hijau kendaraan boleh jalan,”ujar seorang siswa.

Menurut guru TK Kusuma Ai Nussalafah,para siswa dibawa ke Polres Cilegon tujuannya untuk mengenalkan tentang pekerjaan kepada anak didiknya.

“Pengenalan pekerjaan kali ini kami bawa anak-anak untuk mengenal lebih dekat pekerjaan atau tugas seorang polisi.Sebelumnya kami juga berkunjung ke pemadam kebakaran,”jelas dia.

Dijelaskan dia,dengan melihat langsung berbagai kegiatan polisi kepada anak usia dini,diharapkan mereka lebih mengenal tentang tugas dan peran polisi sehingga tertanam pada diri mereka untuk bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri.Selain itu Ai juga menegaskan,dengan berinteraksi dengan polisi ,stigma yang melekat selama ini tentang polisi yang dinilai galak dalam diri anak-anak bisa hilang.

Seorang Polwan membantu membetulan topi anak TK yang berkunjung ke Mapolres Cilegon.
Foto:ps

Dibimbing beberapa polisi wanita (Polwan) para siswa diberitahu tentan rambu-rambu lalulintas dan artinya.Setelah ini mereka juga naik kendaraan polisi mengelilingi Mapolres Cilegon.Usai kegiatan para siswa kembali berbaris seperti mau upacara lalu membubarkan diri dan makan bersama.

Sementara Kasat Binmas Polres Cilegon AKP M.Supur menyambut baik program mengenalkan polisi kepada anak-anak.Kegiatan tersebut bagus dimana bisa menjalin kedekatan antara polisi dengan anak-anak.

“Tadi mereka gembira,naik mobil polisi melihat traffict light.Nah kami berharap umpamanya saat anak-anak ini naik kendaraan bersama oran tuanya dia bisa ingat rambu-rambu lalu lintas dan bisa mengingatkan orangtuanya apabila melanggar ranbu lalu lintas,”kata M.Supur.(ps)

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *