Home / Banten / Jelang Pemilu Wali Kota Cilegon Ingatkan ASN untuk Netral
Wali Kota Cilegon Edi Ariadi. Foto:Dinas Kominfo Kota Cilegon

Jelang Pemilu Wali Kota Cilegon Ingatkan ASN untuk Netral

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Memasuki tahun politik, Wali Kota Cilegon Edi Ariadi meminta para pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menjaga sikap netral pada saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.Hal itu disampaikan Edi pada apel pagi bersama awal bulan di lingkungan Pemkot Cilegon yang diadakan di Halaman Kantor Walikota Cilegon, Senin (4/3).

Dasar netralitas ASN dalam pesta demokrasi lima tahunan ini yakni surat tentang Pelaksanaan Netralitas bagi ASN pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2018, Pemilihan Legislatif tahun 2019, dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.Dalam surat bernomor B/71/M.SM.00.00/2017 yang ditandatangani Menteri PANRB Asman Abnur disebutkan agar para Pejabat Pembina Kepegawaian dan seluruh ASN dapat memperhatikan peraturan yang berkaitan dengan netralitas ASN dalam Pilkada.

Dalam kesempatan itu,wali kota juga mengatakan selaku Korp Pegawai Negeri Sipil di Kota Cilegon harus menjadi garda terdepan untuk membela kepentingan daerah demi mewujudkan masyarakat Cilegon yang sejahtera.

“Dengan diiringi niat tulus dan keikhlasan untuk mengabdi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat, Saya yakin kita bisa membangun dan meningkatkan semangat dan motivasi dalam bekerja,” ungkapnya.

Terkait progam pembagunan, Edi mengajak kepada pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon untuk tetap konsentrasi terhadap pekerjaan yang sudah disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).Dijelaskan dia masih ada beberapa mega proyek yang belum terselesaikan diantaranya Jalan Lingkar Utara (JLU), stadion sport center, dan pelabuhan Warnasari serta pelaksanaan pengendalian banjir.

“Maka dari itu mari kita bekerjasama konsentrasi dalam menyelesaikannya untuk menyejahterakan masyarakat Kota Cilegon,” ajaknya.

Diakhir sambutannya, Edi meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Cilegon untuk pasang badan terkait Pembangunan yang sedang dilakukan. “Saya minta kepada ASN untuk siap pasang badan terkait pembangunan yang sedang kita lakukan, adanya kritikan jangan membuat kita down dalam melakukan niat baik dalam pembangunan Kota Cilegon ini, yang terpenting kita kerja, kerja dan kerja, karena nantinya apabila Pembangunan ini sudah jadi, maka dampaknya akan dapat dirasakan oleh anak cucu kita yang akan datang,” tegasnya.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara berdasarkan Pasal 2 huruf f, menyatakan bahwa salah satu asas penyelenggaraan kebijakan dan managemen ASN adalah “netralitas”, yang berarti bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

Ditegaskan kembali bahwa berdasarkan Pasal 87 ayat(4) huruf b, menyatakan bahwa PNS diberhentikan dengan tidak hormat karena menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik.

Sementara didalam pasal 119 dan pasal 123 ayat (3) disebutkan jika PNS yang mencalonkan diti atau dicalonkan menjadi Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota wajib menyatakan pengunduran diri secara tertulis sebagai PNS sejak ditetapkan sebagai calon peserta pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota. Unntuk PNS yang tidak melaksanakan ketentuan tersebut dijatuhi sanksi hukuman disiplin.

Dalam surat yang ditetapkan pada 27 Desember 2017 itu disebutkan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil akan dijatuhkan hukuman disiplin tingkat sedang hingga berat. Sanksinya berupa penundaan kenaikan gaki berkala selama 1 tahun, kemudian penundaan pangkat selama 1 tahun, dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 tahun.

Sedangkan untuk disiplin tingkat berat dapat dijatuhkan sanksi berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama tiga tahun, selain itu dapat dijatuhkan pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah, kemudian pembebasan dari jabatan atau pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.(ps)

Check Also

Harapan Wagub Banten:Target Saber Pungli, Pelayanan Publik dan Cegah Korupsi

WONGBANTEN.ID,SERANG– Guna memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien serta mencegah terjadinya tindak  korupsi di …

Cegah Penyebaran Covid-19,Polres Cilegon Terapkan Protokol Kesehatan

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Kota Cilegon saat ini masuk kategori penyebaran virus corona  sedang atau zona oranye. Di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *