Home / Banten / Wakil Wali Kota Cilegon,Reno atau Ati Marliati?

Wakil Wali Kota Cilegon,Reno atau Ati Marliati?

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Dua kandidat yang akan menduduki jabatan Wakil Wali Kota Cilegon, diusulkan oleh PDI-P dan Partai Golkar ke pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Cilegon,Jumat (8/3)

Dua nama yang diusulkan yaitu Ketua DPC PDI-P Kota Cilegon Reno Yanuar dan Kepala Bappeda Ratu Ati Marliati yang diusulkan oleh Partai Golkar. Salah satu calon yang nanti terpilih akan menjabat Wakil Wali Kota Cilegon menggantikan Edi Ariadi yang diangkat menjadi Wali Kota Cilegon Tb.Iman Ariadi yang tersangkut masalah hukum.

Saat penyerahan surat usulan nama calon,Reno menyampaikan sendiri surat usulan ke Ketua DPRD Cilegon Fakih Usman.Sementara Ratu Ati Marliati diserahkan Ketua Fraksi Golkar Endang Efendi,Sekretaris DPD Partai Golkar Sutisna Abas dan pengurus partai M.Nasir.

Ketua DPRD Cilegon, Fakih Usman menjelaskan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tentang tatacara pengisian jabatan wakil kepala daerah yang kosong, dibolehkan lebih dari satu nama calon.

“Partai pengusung calon wakil wali kota yang telah mengajukan kandidatnya sekarang sudah ada dua partai yakni PDI Perjuangan dan Partai Golkar. Hal itu boleh dan sesuai dengan PP 12 yang mana mengatur tentantang jumlah calon dibolehkan lebih dari satu nama calon,” jelasnya.

Ditambahkannya,kemungkinan tidak ada partai politik lain yang akan mengusulkan nama untuk calon wakil wali kota.Kalau pun ada, sangat kecil kemungkinannya.

“Ya nanti cukup dengan pemilihan secara voting saja. Tidak harus semua partai mengusung. Calon yang ada saat ini ya Pak Reno dan Ibu Ati Marliati. Saya kira tinggal pemilihannya saja. Nanti seluruh anggota dewan yang memilih calon dari yang dua ini. Apakah yang laki laki perempuan atau perempuan,” terangnya.

Proses selanjutnya,terang Fakih pemilihan wakil wali kota nanti akan diatur oleh panitia pemilihan (Panlih) dengan membentuk panitia khusus (Pansus) terlebih dahulu.

“Pansus akan membentuk Panlih pemilihan Wakil Wali Kota Cilegon yang berjumlah 15 orang, anggota tugasnya menyiapkan secara teknis tentang aturan dan tatacara pemilihan,”katanya.

Panlih juga nantinya yang akan menetapkan aturan dan tata cara pemilihannya. Baik tentang persyaratan calon dan teknis lainnya. Apakah diharuskan ada rekomendasi pimpinan partai dan aturan teknis lainnya menjadi ranah dan kewenangan Panlih.

Harus mundur

Terkait status Reno Yanuar yang masih tercatat sebagai anggota legislatif dan Ati yang masih menjabat Kepala Bappeda Cilegon,Fakih menegaskan keduanya harus mengundurkan diri dari jabatannya masing-masing saat mereka resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil wali kota.

“Nantinya pada saat Pak Reno dan Ibu Ati resmi mendaftar sebagai calon wakil walikota maka keduanya harus sudah membawa surat pengunduran diri mereka masing masing. Kalau saat ini posisi keduany masih sebatas nama nama yang diusulkan,” ungkapnya.

Ditempat terpisah Reno Yanuar mengatakan bahwa keputusan pengurus PDI-P Kota Cilegon sudah lama mengusulkan nama dirinya untuk maju dalam pemilihan wakil wali kota pada tahun ini.

Dirinya menyatakan akan mengikuti mekanisme pemilihan yang ditetapkan oleh Panlih.Untuk memuluskan jalan menjadi Cilegon 2, pihaknya segera berkonsentrasi untuk menggalang koalisi dengan pimpinan partai lainnya.

Sementara, Sekretaris DPD Golkar Cilegon, Sutisna Abas mengatakan bahwa partainya sudah bertekad mengusung dan memenangkan Ati Marliati dalam kontestasi pemilihan Wakil Walikota mendatang.
“Jajaran pengurus dan kader Partai Golkar Cilegon sudah satu kata memenangkan Ibu Ati untuk menduduki kursi wakil wali kota,” papar Sutisna.(poe)

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *