Home / Banten / Masalah Kualitas Infrastruktur dan Penanganan Banjir Mencuat di Forum OPD
Jalan Lingkar Selatan salah satu titik langganan banjir apabila terjadi hujan lebat di Kota Cilegon.Hal ini terjadi karena minimnya sarana saluran pembuangan air. Foto:ist

Masalah Kualitas Infrastruktur dan Penanganan Banjir Mencuat di Forum OPD

WONGBANTEN.,CILEGON-Persoalan infrastruktur dan penanganan banjir yang kerap melanda berapa wilayah di Kota Cilegon mencuat dalam pertemuan forum organisasi perangkat daerah yang digelar di aula Dinas Pekerjaan Umum,Selasa (12/3).

Ketua Komisi I DPRD Kota Cilegon, Subhi S Mahad yang hadir dalam acara itu menyinggung  soal pemerataan pembangunan di kota baja.Politisi Partai Golkar tersebut meminta Dinas PU harus memperhatikan kualitas pembangunan yang dikerjakan.

“Supaya lebih baik lagi,bisa dilihat dari pengalaman  contohnya jalan  hotmix atau betonisasi yang dibangun, tetapi 6 bulan sudah rusak,saya berpesan kepada pak kepala dinas  supaya tidak hanya enam bulan rusak tetapi 6 tahun bisa kuat,”tegasnya.

Persoalan penanganan banjir juga menjadi perhatian beberapa lurah yang wilayahnya menjadi langganan banjir.

Seperti disampaikan Lurah Jombang Wetan Hasanudin,dia menyatakan sudah berulangkali menyampaikan supaya dinas terkait melakukan penanganan banjir yang sering melanda wilayahna.

“Kalau hujan deras dua wilayah rukun tetangga di wilayah Rokal pasti terendam,”jelas dia.

Hal yang sama juga disampaikan Lurah Warnasari,Mahfud menurutnya akibat aliran sungai menyempit makan saat turun hujan,air sungai meluap ke permukiman warga.

“Tiga rukun tetangga menjadi langganan banjir,”ujarnya.

Persoalan banjir tersebut ternyata akibat berubahnya daerah aliran sungai (DAS) yang melintasi wilayah dua kelurahan tersebut. Di sepanjang DAS bermunculan pembangunan yang menggangu aliran sungI,ditambah sedimentasi sungai yang tinggi.

“Perlu adanya penanganan sungai  yang  serius dari hulu sampai hilir.Dengan demikian bisa diketahui dimana titik-titik penyebab air meluap.Kalau tidak begitu percuma,”terang Hasanudin.

Menanggapi permasalahan tersebut Kadis PU Nana Sulaksana berjanji akan  meningkatkan kualitas infrastruktur ,seperti jalan yang dihotmix akan ditingkatkan selain itu beberapa ruas jalan
akan dibeton.

“Ada peningkatan jalan sepanjang 10 kilometer dan itu juga dibarengi dengan pembangunan sistem saluran airnya/drainase,” jelas Nana.

Terkait beberapa wilayah yang sering dilanda banjir,Nana mangatakan pihaknya akan membangun tiga  tandon untuk menampung luapan air. (ps)

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *