Home / Banten / BNNP Banten Gagalkan Penyeludupan Sabu yang Dikendalikan Dari LP Rajabasa
Tersangka HP (29) tersangka kurir yang akan menyeludupkan sabu dari Jakarta ke Lampung yang berhasil ditangkap BNNP Banten dan BNN RI. Foto:ist

BNNP Banten Gagalkan Penyeludupan Sabu yang Dikendalikan Dari LP Rajabasa

WONGBANTEN.ID,SERANG-Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten, menggagalkan upaya penyeludupan narkoba jenis amphetamin atau sabu seberat 10 kilogram dari Jakarta yang akan diedarkan di wilayah Lampung.Anggota BNNP Banten dan BNN RI berhasil mencegah pengiriman sabu yang dibawa kurir berinisial HP (29) warga Bengkulu di SPBU rest area KM 43 jalan tol Jakarta-Merak,Kabupaten Tangerang Jumat lalu.

Kepala BNNP Banten Brigjen Polisi Tatan Sulistyana di Kantor BNN Banten, Kota Serang, Kamis (14/3) mengatakan dari hasil pemeriksaan,HP alias Ewok yang pekerjaannya sebagai supir angkutan, mengaku dirinya diperintah oleh TKM warga binaan di LP Rajabasa untuk membawa sabu dari Jakarta ke Lampung.

Dijelaskan Tatan,penangkapan kurir narkoba jaringan lapas iu berawal dari informasi yang masuk ke Bidang Pemberantasan BNNP Banten pada hari Jumat 8 Maret 2019 yang menyampaikan akan ada pengambilan sabu di Jakarta Utara yang akan dikirim ke wilayah Lampung.

“Berdasarkan informasi tersebut,tim gabungan kemudian melakukan pengintaian,dan benar pada pukul 19.25 WIB,kurir tersebut mengambil paket narkoba jenis sabu di salah satu parkiran apartemen di wilayah Jakarta Utara,” jelas Tatan.

Petugas yang membuntuti kurir dari Jakarta,sekira pukul 21.15 WIB lalu melakukan penangkapan di rest area KM 43 tol Jakarta-Merak. Saat mobil Daihatsu Sigra yang dikendarai tersangka digeledah,petugas menemukan puluhan bungkus kemasan yang berisi sabu yang beratnya diperkirakan mencapai 10 kilogram.

Selain menahan tersangka,petugas juga menyita barang bukti berupa 1 buah tas gendong warna hitam merk Nike, 1 buah tas gendong warna biru merek Vans, 1 unit telepon genggam,uang tunai sebesar Rp900 ribu dan satu unit mobil.

“Pengungkapan ini dapat menyelamatkan kurang lebih 40.000 orang atau generasi penerus bangsa dari ancaman penggunaan sabu,,diperkirakan nilai barang bukti sebesar Rp10 miliar,” kata Tatan.

Untuk mengungkap jaringan peredaran sabu,Tatan mengatakan akan melakukan pmeriksaan terhadap TKM yang saat ini masih meringkuk di LP Rajabasa.

Sementara tersangka kurir melanggar pasal 114 ayat (2) atau pasal 112 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) UU RI no 35 Tahun 2009 tentang narkotika.(pak)

Check Also

KPK Ingatkan Helldy-Sanuji Tak Bagi bagi Proyek Pemerintah ke Tim Sukses

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menggelar rapat koordinasi pemberantasan korupsi terintegrasi bersama Wali Kota Helldy Agustian …

Razia Narkoba di Lapas Kelas II A Cilegon, Petugas Gabungan Malah Temukan Puluhan HP

WONGBANTEN.ID,CILEGON- Tim Satops Patnal Kanwil Kemenkumham Banten menggandeng Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Cilegon dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *