Home / Banten / Kepala BNNP Banten:Media Massa Berperan Penting dalam Penyebaran Informasi P4GN
Kepala BNNP Banten,Brigjen Polisi Tantan Sulistyana dan Kepala BNNK Cilegon AKBP Asep M Jaelani berfoto bersama jurnalis Kota Cilegon yang mengikuti acara Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba di Hotel Cilegon City,Kamis (21/3). Foto:BNNK Cilegon

Kepala BNNP Banten:Media Massa Berperan Penting dalam Penyebaran Informasi P4GN

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) merupakan upaya sistematis berbasis data penyalahgunaan narkoba yang tepat dan akurat, perencanaan yang efektif dan efisien dalam rangka mencegah, melindungi dan menyelamatkan masyarakat dari ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba.Untuk itu,diperlukan kepedulian dari seluruh para pemangku kepentingan/stakeholder diantaranya adalah media massa.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten,Brigjen Polisi Tantan Sulistyana dihadapan puluhan jurnalis Kota Cilegon yang mengikuti acara Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba di Hotel Cilegon City,Kamis (21/3).

“Karena media massa memiliki peran penting dalam hal pencegahan penyalahgunaan narkoba,kami mengajak media massa bisa menginformasikan kepada masyarakat bahaya dan resiko P4GN,”ujar Tantan Sulistyana.

Menurut Tantan Sulistyana,tidak ada wilayah di Indonesia yang bebas narkoba,Provinsi Banten pun sudah masuk kategori wilayah darurat narkoba.Dari data BNNP Banten,penduduk Banten yang jumlahnya sekitar 12 juta jiwa lebih, sebanyak 170.444 orang atau 1,83 persen terpapar penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Dengan kategori orang yang coba pakai narkoba sebesar 59 persen, teratur pakai dan pecandu sebesar 13 persen.

Yang menarik juga lanjut jenderal polisi bintang satu itu, pada tahun 2019 pihaknya mensinyalir ada pola pergeseren tempat P4GN, yang biasanya dilakukan di tempat hiburan sekarang bergeser di tempat kost-kostan, perumahan maupun apartemen.

“Selain pergeseran tempat,ternyata di kategori usia pengguna narkoba juga bergeser dari usia dewasa,sekarang banyak melibatkan usia remaja dan pelajar,” jelasnya.

Selain tempat,ternyata untuk mengelabui aparat penegak hukum dalam peredaran para pengedar narkoba juga merubah kemasan narkoba,Tantan mengungkapkan BNNP Banten berhasil mengungkap peredaran narkotika jenis ganja cair dikemas dalam tisu basah.Tisu basah nantinya diperas,dan perasan airnya digunakan menggunakan rokok elektrik atau vape.

IPWL Solusi tepat Pecandu Narkoba

Salah satu satu strategi upaya pencegahan yang dilakukan oleh BNNP Banten yaitu dengan menekan pasakon narkoba dengan menekan permintaan,selain itu akan memaksimalkan rehabilitasi para pengguna narkoba melalui Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) yang merupakan sistem kelembagaan yang dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Wajib Lapor Bagi Pecandu Narkotika. Intitusi atau lembaga ini merupakan implementasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika khususnya pasal 55.

“Para pecandu yang mau melapor tidak akan kena pidana,melaporkan diri yang dilakukan oleh pecandu narkotika yang sudah cukup umur atau keluarganya,kepada institusi penerima wajib lapor untuk mendapatkan pengobatan, perawatan melalui rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial,”jelas Tantan.

Setelah pecandu di assessment,tim medis bisa menentukan apakah mereka akan menjalani rawat jalan atau rawat inap.Rawat inap dirujuk ke Balai Rehabilitasi Narkoba di Lido Jawa Barat atau di Kalianda.

Dalam kesempatan tersebut,Kepala BNNP Banten Brigjen Polisi Tantan Sulistyana menyematkan pin penggiat anti narkoba kepada tiga orang perwakilan jurnalis.(poe)

Check Also

Harapan Wagub Banten:Target Saber Pungli, Pelayanan Publik dan Cegah Korupsi

WONGBANTEN.ID,SERANG– Guna memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien serta mencegah terjadinya tindak  korupsi di …

Cegah Penyebaran Covid-19,Polres Cilegon Terapkan Protokol Kesehatan

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Kota Cilegon saat ini masuk kategori penyebaran virus corona  sedang atau zona oranye. Di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *