Home / Nusantara / Bandar Lampung Kota “Kick Off” Bekraf Developer Day 2019

Bandar Lampung Kota “Kick Off” Bekraf Developer Day 2019

WONGBANTEN.ID,BANDAR LAMPUNG-Kemajuan developer-developer lokal semakin menunjukkan tajinya di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya adalah Lucky Putra Dharmawan (Eternal Dream Studio) developer yang berasal dari Kota Bandar Lampung. Eternal Dream Studio arahan Lucky Putra Dharmawan sangat terkenal dengan game andalannya Pocong Jump.  Berkat potensinya, Eternal Dream Studio menjadi studio game pertama di Bandar Lampung yang didapuk menjadi “local heroes” BDD Bandar Lampung 2019.

Bandar Lampung menunjukkan perkembangan yang baik untuk para pelaku startup dan industri games. Untuk menggali dan mengembangkan bakat anak-anak muda Bandar Lampung tersebut Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) menggelar Bekraf Developer Day  (BDD) sebagai respons atas potensi developer lokal di wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya. BDD diadakan di Swiss-Belhotel Lampung pada Sabtu, 23 Maret 2019.  Sebanyak 500 peserta antusias menghadiri talkshow dan sharing session dengan para pakar dan pelaku industri kreatif digital.

“Bekraf terus berusaha mempertemukan para developer lokal dengan para pakar dan pelaku industri kreatif digital. Melalui acara ini diharapkan para peserta dapat terinspirasi dan mendapat pengetahuan yang berharga untuk mengembangkan karyanya. Lucky Putra Dharmawan merupakan salah satu contoh bukti anak muda Bandar Lampung yang menginspirasi. Bukan tidak mungkin kedepannya akan lahir developer-developer baru yang berkualitas di Bandar Lampung,“ jelas Direktur Fasilitasi Infrastruktur TIK Bekraf, Muhammad Neil El Himam, Sabtu (23/3).

Dengan mengusung tema Peluang dan Tantangan Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, Bandar Lampung menjadi kota pertama (Kick Off) penyelenggaran BDD di tahun 2019. BDD diadakan untuk menjembatani para developer lokal khususnya pemuda Bandar Lampung dengan platform teknologi mutakhir untuk mengembangkan produk digital khususnya dibidang subsektor aplikasi, game, dan web serta internet of things (IoT).

Dalam kegiatan ini, peserta akan mendapatkan transfer knowledge dari para praktisi handal yang sukses dalam pengembangan aplikasi mobile dan game dalam sesi inspirasi, dan talkshow. Lucky Putra Dharmawan (Eternal Dream Studio) adalah salah satu pemateri yang akan berbagi pengetahuan mengenai teknologi dan industri game.

BDD 2019 juga menghadirkan sejumlah pelaku, praktisi dan expert industri kreatif digital Tanah Air, diantaranya Senior Software Engineer – Go-Jek Indonesia (Go-Pay Division), Deny Prasetyo; Direktur-PT.Saraphim Digital Technology, Franciscus Xaverius Taro; Product Marketing Printer & Visual Instrument Dept, Zanipar S A Siadari; Google Developer Expert Android, CIO – Nusantara Beta, Sidiq Permana; Google Developer Expert Android, Intel Innovator, CEO, Ibnu Sina Wardy; Android Engineer – Dicoding Indonesia, Gilang Ramadhan; Head of Academy – Dicoding Indonesia, Nur Rohman; Intel Game/VR Innovator, AGI, Frida Dewi; Game Developer, Aflacha Imadida Rachmata; Dicoding Indonesia, Monalisa Arcelia; dan Game Engineer – Dicoding Indonesia, Agil Julio.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Bekraf dan Dicoding dengan dukungan Asosiasi Game Indonesia, Dicoding Elite, Google Developer Expert, Intel Innovator, Komunitas ID-Android, Samsung Developer Warrior dan perusahaan-perusahaan teknologi di Indonesia.

 

Tentang Bekraf

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggungjawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi & video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisidan radio.

Ekonomi kreatif memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional karena mampu menyumbang Pendapatan Dometik Bruto (PDB) hingga Rp922,5 triliun pada 2016. Angka ini diprediksi terus naik setiap tahunnya sekitar 10% sehingga pada 2017 diprediksi mencapai lebih dari Rp1.000 triliun.(poe)

 

 

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *