Home / Nusantara / Mulai Hari Ini,Status Gunung Anak Krakatau Turun Jadi Waspada
Foto:dongenggeologi

Mulai Hari Ini,Status Gunung Anak Krakatau Turun Jadi Waspada

WONGBANTEN.ID,JAKARTA-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menurunkan status Gunung api Anak Krakatau dari level III (Siaga) menjadi level II (Waspada). Status ini berlaku sejak 25 Maret 2019.

Daam jumpa wartawan di Ruang Sarula KESDM,Senin (25/3) Kepala Badan Geologi Rudy Suhendar menjelaskan, hasil pengamatan dan analisis data visual maupun instrumental hingga 25 Maret 2019, tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau cenderung menurun walaupun berfluktuasi kecil. Potensi erupsi masih ada, namun dengan intensitas yang kecil dibandingkan periode erupsi Desember 2018 dan sebaran material hasil erupsi yang membahayakan hanya tersebar pada radius 2 kilo meter (km) dari kawah aktif Gunung Anak Krakatau.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, Kepala Badan Geologi Rudy menuturkan, secara visual Gunung Anak Krakatau, pasca periode erupsi intensif sejak Juni 2019 – 9 Januari 2019, masih sesekali mengeluarkan letusan asap putih uap air dengan tinggi kolom asap maksimal mencapai 1.000 meter di atas puncak.

“Pengamatan energi tremor cenderung menurun walaupun berfluktuatif serta tidak memperlihatkan indikasi deformasi yang signifikan pada tubuh gunung api,” kata Rudy saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (25/3/2019).

Melihat status tersebut, masyarakat/pengunjung/wisatawan direkomendasikan untuk tidak beraktivitas dalam radius 2 km dari kawah aktif Gunung Anak Krakatau, yaitu di dalam pulau Gunung Anak Krakatau.(poe/gus)

Check Also

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Gubernur WH : Kota Serang Etalase dan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berharap Kota Serang tumbuh menjadi etalase dan Pusat Pemerintahan Provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *