Home / Politik / Ketua Bawaslu Cilegon:Pengawas TPS Harus Netral dan Punya Integritas
Ketua Bawaslu Kota Siswandi melantik 1.214 Pengawas TPS di Joglo SKI,Rabu (27/3). Foto:poe

Ketua Bawaslu Cilegon:Pengawas TPS Harus Netral dan Punya Integritas

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon melantik pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) se-Kota Cilegon,di Joglo SKI,Rabu (27/3).Dalam proses pengawasan di tempat pemungutan suara,PTPS menjadi ujung tombak pengawas pemilu yang akan digelar 17 April 2019.

1.214 PTPS yang dilantik melakukan pengucapan sumpah jabatan dan menyatakan pakta integritas sebagai landasan mereka dalam bekerja melakukan pengawasan.

Ketua Bawaslu Kota Cilegon Siswandi menegaskan,saat bekerja PTPS harus memperhatikan dan berpegang pada SIM P yaitu Soliditas, Integritas, Mentalitas dan Profesionalitas,SIM P merupakan komitmen dan bentuk jati diri Bawaslu yang harus dimiliki para pengawas pemilu nantinya. Selain itu, para pengawas nantinya juga harus membangun kelembagaan yang soliditas untuk mencapai keadilan pemilu

“Kami meminta para PTPS mempunyai netralitas dalam kerja pengawasan di setiap TPS.Netralitas dan integritas bagi Bawaslu itu sangat diperlukan karena menyangkut kepercayaan penyelenggaraan pemilu,”tegas Siswandi.

Dijelaskan dia,keberadaan PTPS merupakan yang pertama,sebab pada Pemilu 2014 dan pemilu sebelumnya belum ada petugas khusus yang mengawasi di tingkat TPS.Semangat adanya PTPS ini lanjut Siswandi adalah untuk mengurangi praktik kecurangan.

Merujuk amanat undang-undang, PTPS harus dibentuk paling lambat 23 hari sebelum pemungutan suara dilakukan. Masa tugas PTPS adalah sebulan, artinya mereka akan bekerja sampai 24 April 2019.

“Mulai hari ini mereka sudah mulai bekerja dengan melakukan pengawasan di wilayahnya masing-masing,pengawasan seperti mengawasi terjadinya politik uang,”ujar Siswandi.

Tugas PTPS menurutnya ada lima yakni, pertama mengawasi persiapan pemungutan suara, kedua mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, ketiga mengawasi persiapan penghitungan suara,keempat (mengawasi) pelaksanaan penghitungan suara dan kelima (mengawasi) pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS (Panitia Pemungutan Suara).

Untuk menjaga netralitas PTPS,Bawaslu Kota Cilegon melakukan penyaringan ketat sangat penjaringan. Siswandi menyatakan sampai saat ini dari verifikasi yang dilakukan tidak ditemukan PTPS yang berasal dari partai politik,tim sukses maupun simpatisan peserta pemilu.(ps)

Check Also

Waspadai Penyeludupan Narkotika di Tengah Arus Mudik, BNNK Cilegon Gelar Operasi P4GN

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Antisipasi¬† para pelaku penyeludup narkotika dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya yang ¬†memanfaatkan situasi arus …

Kisah Perjuangan Handayani, Guru Tunadaksa asal Temuputih

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Lahir dari keluarga tidak mampu dengan keterbatasan fisik dan motorik yang dimilikinya, tak menjadikan gadis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *