Home / Pendidikan / Wagub Banten Sambut Baik Sekolah Karakter yang Digagas Untirta
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy,berfoto bersama peserta Sekolah Karakter. Foto:Biro ARTP Setda Prov Banten

Wagub Banten Sambut Baik Sekolah Karakter yang Digagas Untirta

WONGBANTEN.ID,SERANG-Pemerintah Provinsi Banten menyambut baik pelaksanaan kegiatan Sekolah Karakter, sebagai wujud sinergitas antara pemerintah daerah,perguruan tinggi dan industri dalam mewujudkan sumber daya manusia yang handal, berdaya saing dan berkarakter.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Andika Hazrumy saat menjadi pemateri pada kegiatan Sekolah Karakter yang digagas Universitas Tirtayasa (Untirta), di Hotel Horison Ultima Ratu, Serang Rabu (27/3).

“Sebagaimana kita ketahui bersama, tujuan pendidikan karakter pada hakikatnya adalah proses membentuk sikap yang dapat membawa satu generasi ke arah kemajuan,” ujar Andika.

Untuk itu menurutnya, kependidikan tidak hanya terfokus pada aspek-aspek nilai akademis semata, melainkan pendidikan yang berupaya untuk membentuk ketahanan pribadi (personal resilience) melalui peningkatan religiusitas, optimisme, disiplin, semangat kerja keras, peduli terhadap lingkungan, tanggung jawab serta tekun dalam menjalankan suatu bidang profesi tertentu.

“Melalui peningkatan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasaan spiritual yang dilakukan, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja memasuki era industri 4.0,” terangnya.

Sebagian besar pendapat mengenai potensi manfaat industri 4.0, lanjutnya, adalah mengenai perbaikan kecepatan fleksibilitas produksi, peningkatan layanan kepada pelanggan dan peningkatan pendapatan. Untuk itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Banten mengajak generasi muda untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dengan memanfaatkan berbagai sumber daya berbasis ekonomi kreatif.

“Berbeda dengan sektor lain yang sangat tergantung pada eksploitasi sumber daya alam, kekuatan ekonomi kreatif lebih bertumpu kepada keunggulan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif,” jelas Andika.(ps)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *