Home / Lingkungan / Kurangi Sampah Plastik,Pemuda Perum Gedong Damai Ciptakan Alat Pembuat BBM Berbahan Limbah Plastik
BBM jenis solar dan premium yang dihasilkan dari alat pembuat BBM berbahan limbah plastik,ciptaan Kodalang Perum Gedong Dalem. Foto:poe saputra

Kurangi Sampah Plastik,Pemuda Perum Gedong Damai Ciptakan Alat Pembuat BBM Berbahan Limbah Plastik

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Upaya mengurangi sampah plastik yang dilakukan oleh para pemuda di Perumahan Gedong Damai yang menamakan diri mereka komunitas daur ulang (Kodalang) patut diapresiasi,dengan peralatan yang cukup sederhana mereka membuat alat pembuat bahan bakar minyak (BBM) berbahan limbah plastik.

Alat yang mereka buat terdiri dari tabung reaktor/vakum dari pipa stainles bekas dan kondensornya dari bekas botol plastik air kemasan.Alat pembuat BBM berbahan limbah plastik itu menghasilkan BBM jenis solar dan premium.Kodalang membawa alat tersebut mengikuti Lomba Cipta Inovasi Teknologi Tepat Guna(TTG) ke-13 yang diselenggarakan Dinas Kota Cilegon,Selasa (23/4).

Salah satu perwakilan Kodalang Abdel menjelaskan,mereka menciptakan alat tersebut terinsiprasi banyaknya limbah sampah terutama plastik di lingkungan mereka.Anak-anak Kodalang melakuka uji coba dengan memakan waktu tiga bulan.

“Äwalnya kami bersama teman-teman melakukan uji coba dengan peralatan yang sederhana, belum seperti alat yang kami bawa sekarang ini.Dulu tabung reaktornya dari kaleng dan kondensornya tetap memakai botol bekas air kemasan,”ujar Abdel

Darimana mereka mendapatkan dana untuk membuat alat tersebut?Abdel menambahkan upaya yang dirintis bersama teman-temannya itu mendapat dukungan dari warga Perumahan Gedong Damai,secara swadaya mereka iuran uang hingga terkumpul sebanyak Rp4 juta.

Mengenai keikutsertaannya di TTG kategori kelompok umum, pria bertubuh gempal itu menyatakan ingin menunjukan kepada masyarakat dan pemerintah daerah bahwa limbah sampah sebetulnya bisa mempunyai nilai guna apabila dikelola dengan baik.Limbah plastik terutama kantong plastik/kresek bila diolah bisa menghasilkan BBM jenis solar dan premium.

Secara teknis dia menjelaskan limbah sampah plastik yang dikumpulkan dari warga perumahan mereka kumpulkan,lalu plastik tersebut dimasukan kedalam reaktor/vakum bertekanan tinggi dengan kapasitas 5 kilogram.Tabung itu lalu dipanaskan memakai kompos gas elpiji mencapai 400 derajat celcius.Hasil pemanasan berupa uap mengalir melalui pipa ke kondensor yang terbuat dari bekas botol plastik air kemasan,setelah melewati jalur pendingin timbulah tetesan-tetesan minyak murni keluar.

Selain alat pembuat bahan bakar minyak (BBM) berbahan limbah plastik,dalam TTG itu juga muncul ide kreatif yang ditunjukan peserta tingkat SMU,diantaranya life jacket yang bis digunakan apabila terjadi banjir.Yang menarik dihadapan dewan juri dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi RI, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Untirta Fakultas Teknik Kota Cilegon,peserta tersebut menunjukan purwa rupa life jacket yang pelampungnya menggunakan botol plastik bekas.

Menurut Kepala bidang Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon Sukroni, kegiatan ini tujuannya untuk menciptakan teknologi yang sederhana yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kegiatan ini kita gelar setiap tahun dalam menyambut HUT Kota Cilegon,”jelas Sukroni

Sukroni menambahkan penilaian TTG didasarkan teknologi dengan inovasi baru yang sederhana,selain itu teknologi tersebut bisa terjangkau oleh masyarakat dan bisa dirasakan oleh masyarakat langsung.

“Dan yang tak kalah penting yaitu pertanggung jawaban dari hasil temuan teknologi tersebut, dengan cara menyampaikan presentasi di hadapan dewan juri,”jelasnya.(ps)

Check Also

Petugas Gabungan Karantina Cilegon dan KSKP Merak, Gagalkan Penyeludupan Anak Kucing Hutan

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Petugas gabungan Karantina Pertanian Cilegon dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, menggagalkan penyeludupan dua …

Di Cilegon, Pohon Pisang Tumbuh di Jalan Raya

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Pohon pisang biasanya tumbuh atau ditanam di lahan  kebun atau pekarangan rumah, tapi di Cilegon …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *