Home / Politik / Pelanggaran Pemilu Boleh Diviralkan,Tapi Laporkan Juga ke Bawaslu
Rahmat Bagja diwawancari wartawan saat melakukan pemantauan di Kabupaten Cianjur,Sabtu 20 April 2019. Foto: Nurisman

Pelanggaran Pemilu Boleh Diviralkan,Tapi Laporkan Juga ke Bawaslu

WONGBANTEN.ID,JAKARTA-Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja mengingatkan masyarakat melaporkan temuan dugaan pelanggaran Pemilu 2019 ke Bawaslu, usai memviralkannya di media sosial (medsos).Bagja menyatakan, pada dasarnya mengunggah temuan dugaan pelanggaran Pemilu di dunia maya itu diperbolehkan. Dia yakin, tak ada aturan yang melarang aksi memviralkan aksi pelarang lewat medsos. Namun dirinya menekankan, sebaiknya melaporkan pula aksi pelanggaran tersebut ke Bawaslu.

“Laporkan ke Bawaslu juga,sebelum anda viralkan, lapor ke kita dulu. Atau waktu anda laporkan, sekaligus anda viralkan, monggo,” ungkapnya di Media Center Gedung Bawaslu RI Jakarta, Rabu (24/4).

Dikutip dari laman bawaslu.go.id, Bagja menyatakan  temuan pelanggaran yang dilaporkan masyarakat itu harus jelas rincian permasalahannya, termasuk lokasinya.

“Itu yang penting,” jelas dia.

Bagja pun menyatakan tak akan segan kepada para pengawas Pemilu bila ditemukan melakukan pelanggaran. Menurutnya, hal tersebut menjadi koreksi dan evaluasi kritis bagi penyelenggara Pemilu.

“Kami tidak akan melindungi pengawas kami yang bermasalah. Dari pada masa depan demokrasi kita hancur, kita tindak yang bermasalah itu,” tegasnya.

Dia menambahkan, laporan dugaan pelanggaran Pemilu disampaikan kepada Pengawas Pemilu paling lama 7 hari sejak diketahui terjadinya dugaan pelanggaran Pemilu. Hal ini merupakan aturan yang tertulis dalam Pasal 7 Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 7 Tahun 2018.(poe)

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *