Home / Banten / RPJMD Provinsi Banten Tahun 2017-2022 Harus Sesuai Kebutuhan Masyarakat
Gubernur Banten Wahidin Halim saat memberikan sambutan pada pembukaan Musrenbang perubahan RPJMD di Hotel Horison Forbis, Kabupaten Serang, Senin, (29/4). Foto:Biro ARTP Setda Prov Banten

RPJMD Provinsi Banten Tahun 2017-2022 Harus Sesuai Kebutuhan Masyarakat

WONGBANTEN.ID,SERANG-Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) rancangan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Banten Tahun 2017-2022, di harapkan menghasilkan perencanaan yang luas,lengkap dan menyeluruh.Dalam perencanaan harus mengikuti perkembangan yang akan datang dan menghasilkan kinerja strategis yang di butuhkan di masyarakat.

Hal itu ditegaskan Gubernur Banten Wahidin Halim saat memberikan sambutan pada pembukaan Musrenbang perubahan RPJMD di Hotel Horison Forbis, Kabupaten Serang, Senin, (29/4).

Dalam kesempatan tersebut, Wahidin Halim menyinggung mengenai penanganan bencana Tsunami Selat Sunda yang melanda wilayah Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang beberapa waktu kebelakang.Dia meminta harus ada upaya-upaya yang komprehensif terkait pengurangan risiko bencana secara efektif dan menyeluruh di Provinsi Banten untuk meminimalisir risiko dengan memasukan arah kebijakan dan strategi ke RPJMD.

“Saya mengharapkan BNPB dan BPBD Pandeglang,Kabupaten serang maupun Provinsi Banten harus duduk bareng terkait dengan masalah bencana tsunami di Banten,” harap gubenur.

Disisi perdagadangan Gubernur Wahidin Halim mengharapkan Banten mempunyai pasar induk ,dengan adanya pasar induk ini bisa memfasilitasi hasil pertanian di Banten yang dapat menguntungkan para petani setempat, karena bisa memotong distribusi yang tidak memerlukan biaya besar.Dia menyatakan,keberadaan pasar induk bisa mensuplai hasil pertanian dari Banten dan berbagai daerah.

Namun dalam pembangun pasar induk nanti,Gubernur Banten mewanti-wanti posedurnya jangan bebelit-belit, sekarang ini lanjut dia kita perlu menyelamatkan para petani dengan membangun pasar induk,karena saat ini banyak petani di Banten yang menjual hasil pertanianya dengan harga murah.

“Saya akan bela rakyat saya, karena mereka sudah menunggu bantuan dari kita, kita tidak boleh menunda nunda lagi,”ujar WH.

Gubernur Banten juga menyampaikan terkait dengan pengangguran yang ada di Banten.Banten ini seperti gula, dimana ada gula pasti ada semut, artinya wilayah ini memiliki daya tarik bagi para pencari kerja di luar daerah.

Untuk mengatasi hal tersebut, Wahidin berharap perguruan tinggi yang ada di Banten bisa menyiapkan lulusan yang siap pakai dalam dunia kerja untuk menghadapi kompetensi dunia kerja, pada saat ini untuk menjadi ASN ,harus memiliki kualitas.

Dalam laporanya Penjabat Sekretaris Daerah Ino S Rawita selaku penyelengara mengatakan hasil dari musrenbang ini di harapkan menghasilkan kesepaktan tentang tujuan,sasaran,strategi,arah kebijakan dan program pembangunan,serta sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi Banten tentang penanggulangan bencana dan pendirian BUMN.

Pj Sekda menambahkan bahwa hasil dari musrenbang ini akan menjadikan bahan penyempurnaan RPJMD Provinsi Banten tahun 2017-2022 dan pedoman bagi organisasi perangkat daerah dilingkungan Provinsi Banten,untuk memformulasikan program kegiatan yang berorientasi kepada capaian sasaran pembangunan daerah.(ps)

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *