Home / Banten / Cilegon Expo 2019,BKP Cilegon Kelas II Ajak Masyarakat Sadar Karantina
Stand BKP Kelas II Cilegon stand karantina i banyak dikunjungi masyarakat. Berbagai contoh komoditas yang mendapatkan tindakan karantina ditampilkan di stand ini. Foto:BKP Kleas II Cilegon

Cilegon Expo 2019,BKP Cilegon Kelas II Ajak Masyarakat Sadar Karantina

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Peningkatan daya beli masyarakat dapat dilihat dengan semakin meningkatnya perdagangan komoditas pertanian, baik antar area, ekspor maupun impor. Namun, di balik peningkatan itu terdapat peluang masuknya Hama dan Penyakit Hewan Karantina (HPHK) sertan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) yang berisiko merusak kelestarian sumber daya alam hayati Indonesia.

Sejak awal tahun 2019,Badan Karantina Pertanian (BKP) Cilegon telah berhasil mencegah lima ekor sapi yang terjangkit brucellosis yang bersifat zoonosis (dapat menular ke manusia) yang akan dikirim ke Pulau Sumatera.Selain itu,ribuan burung tanpa sertifikat kesehatan dari daerah asal juga pernah diamankan, bahkan di antaranya burung yang dilindungi yang terancam punah.

Bertepatan dengan hari ulang tahun ke-20 Kota Cilegon, BKP Cilegon Kelas II mengajak masyarakat sadar akan pentingnya karantina. Hal ini bisa dilihat dengan adanya stand karantina pada Cilegon Expo 2019 yang bertempat di Alun-alun Kota Cilegon mulai Sabtu (27/4) hingga hingga Jum’at depan (3/5).

Sejak mulai dibuka pukul 10 pagi, stand karantina sudah mulai banyak dikunjungi masyarakat. Berbagai contoh komoditas yang mendapatkan tindakan karantina ditampilkan di stand ini. Burung lovebird yang dibawa petugas kian menarik perhatian anak-anak sehingga pengunjung mau berlama-lama untuk wawancara.

“Untuk menarik perhatian pengunjung, kami akan bawa hewan dan tumbuhan wajib lapor karantina. Hari ini burung lovebird, kucing, dan buah manggis. Besok yang lain,” jelas Agusman Ketua Tim Pameran Karantina Pertanian Cilegon,Selasa (30/4)

Agusman menambahkan juga bahwa pengunjung juga boleh mencicipi contoh buah wajib periksa karantina seperti manggis.

Tak ketinggalan para pengunjung berswafoto dengan patung petugas karantina yang berseragam lengkap hingga pulang membawa sejumlah doorprize yang disediakan selama pameran berlangsung.(ps)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang ¬†dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *