Home / Banten / Pesilat Dari 9 Negara Ikuti Festival Golok Day 2019

Pesilat Dari 9 Negara Ikuti Festival Golok Day 2019

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Sebanyak 3.865 pesilat dan pendekar akan meramaikan perhelatan Golok Day Festival 2019 yang akan digelar hari ini,Jumat (3/5) di Jalan Jenderal Sudirman di depan Kantor Wali Kota Cilegon.Peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri akan hadir memeriahkan event tahunan Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Cilegon dalam rangka HUT Kota Cilegon ke-20 ini.

Pesilat dari sembilan negara yakni Malaysia, Singapura, Amerika, Ukraina, Belgia, Belanda, Perancis, Texas dan Meksiko akan hadir memeriahkan acara ini.Selain dari luar negeri pesilat dan pendekar dari 13 provinsi dan 32 kabupaten/kota di Indonesia juga akan hadir.

Hal itu disampaikan Penyelenggara Festival Golok Day Aden Abdul Kholik saat menggelar jumpa pers,di arena Cilegon Expo Kamis (2/5).

Aden juga menjelaskan,ada perbedaan penyelenggaraan Golok Day Festival tahun ini dengan festival yang telah digelar tahun sebelumnya yaitu tahun sekarang melibatkan banyak partisipan dan peserta dalam luar negeri.

Üntuk konten festival tetap sama,tetapi yang tahun ini cakupannya lebih luas tidak hanya dalam negeri saja peserta atau pesilat maupun pendekar yang hadir,”jelas pria yang sering berpakaian eksentrik ini.

Festival Golok Day 2019 yang mengusung tema The Miracle of Culture Cilegon-Banten itu akan diisi Seminar Budaya Iternasional dengan nara sumber dari Malaysia dan Singapura.Selain itu akan ditampilkan juga Cilegon Golok Competition.

“Dalam pembukaan akan dilakukan Kirab Pendekar Nusantara yang akan diikuti sekitar 3.000 pendekar,”kata Aden.

Disepanjang venue yang membentang dari landmark Kota Cilegon hingga depan kantor wali kota,penyelenggara mendirikan tenda-tenda yang dinamakan Kampung Pendekar yang isinya lintas padepokan,lintas aliran.

Ditambahkan dia,masyarakat juga bisa melihat atraksi pembuatan golok Sulangkar dan golok Cilegon oleh Abah Jamhari Sakti .Selain itu katanya akan ada pengobatan ala pendekar.

Hasil seminar budaya nantinya akan dibuat menjadi sebuah buku dan event Golok Day Festival 2019 akan dibuatkan jurnal.(ps)

Check Also

Waspadai Penyeludupan Narkotika di Tengah Arus Mudik, BNNK Cilegon Gelar Operasi P4GN

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Antisipasi  para pelaku penyeludup narkotika dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya yang  memanfaatkan situasi arus …

Kisah Perjuangan Handayani, Guru Tunadaksa asal Temuputih

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Lahir dari keluarga tidak mampu dengan keterbatasan fisik dan motorik yang dimilikinya, tak menjadikan gadis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *