Home / Politik / Senin, Bawaslu RI Gelar Sidang Ajudikasi Laporan BPN
Ketua Bawaslu RI Abhan. Foto:ist

Senin, Bawaslu RI Gelar Sidang Ajudikasi Laporan BPN

WONGBANTEN.ID,JAKARTA-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu),berencana menggelar sidang ajudikasi (pendahuluan) atas dugaan kecurangan yang dilaporkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Sandiaga Uno,sidang akan digelar Senin (6/5) pekan depan.

Hal ini diungkapkan Ketua Bawaslu RI Abhan,Sabtu sore (4/5).Mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah ini menyatakan ada dua laporan BPN yang diterima Bawaslu. Pertama, terkait dugaan kecurangan Sistem Informasi Penghitungan Suara ( Situng) dan lembaga survei quick count.

“Keduanya, sedang kami pelajari,kami kaji. Nanti hari Senin kami akan melakukan sidang ajudikasi dengan putusan pendahuluan,” tegas Abhan di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat.

Diterangkan dia, dalam sidang ajudikasi tersebut akan didapati keputusan kelanjutan laporan. Diantaranya, laporan akan diperiksa lebih mendalam atau tidak dilanjutkan.

“Jadi, apakah laporan itu dilanjutkan dengan proses pemeriksaan lebih lanjut, atau berhenti sampai pada pembacaan putusan pendahuluan. Itu Senin nanti,” ungkapnya.

Abhan menyatakan, atas laporan dugaan pelanggaran yang telah diterima Bawaslu, semua sedang dalam proses pengkajian. Sebab, laporan yang masuk perlu memenuhi syarat-syarat formil dan materil.

“Semua laporan ditindaklanjuti dengan kajian kami, selama memenuhi syarat formil materil kami akan lakukan tindakan lebih lanjut,” tandasnya.(ps)

Check Also

Penuhi Persediaan Jelang Lebaran, PMI Kota Cilegon Ajak Warga “Sedekah” Darah

WONGBANTEN.ID,CILEGON- Untuk memenuhi¬† kebutuhan dan menjaga persediaan darah yang aman ¬†menjelang Hari Raya Idul Fitri …

Pandeglang Raih WTP 5 Kali Berturut-turut, Irna :Ini Hasil Kerja Semua

WONGBANTEN.ID,SERANG- Bupati Pandeglang Irna Narulita menyatakan, opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *