Home / Banten / Wujudkan Kota Layak Anak,Cilegon Perlu Perda KLA
Beberapa waktu Gugus tugas KLA Kota Cilegon melakukan kaji banding KLA ke Pemkot Yogyakarta. foto:istimewa

Wujudkan Kota Layak Anak,Cilegon Perlu Perda KLA

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Kota Layak Anak (KLA) merupakan kabupaten atau kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.Untuk mendukung Cilegon Kota Layak Anak,diperlukan peraturan daerah (Perda) KLA yang tujuannya dapat memberi kesempatan seluas-luasnya kepada anak-anak untuk tumbuh dan berkembang secara normal, baik fisik, mental, sosial, dan berakhlak mulia.

Hal tersebut dikatakan Kepala DP3AKB Heni Anita Susila, saat mengikuti sidang paripurna pemandangan umum atas Raperda Kota Layak Anak dan OPD di DPRD Cilegon,Senin (13/5).

“Banyak kabupaten/ kota yang telah mendapatkan penghargaan Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA) mandek atau tertahan di kategori Pratama. Oleh karena itu, agar daerah tersebut dapat maju menuju KLA, maka indikator KLA pertama yaitu membuat peraturan daerah harus dipenuhi,” jelas Heni.

Heni menjelaskan,keberadaan Perda bisa menekan angka kejahatan terhadap anak dan angka kejahatan yang dilakukan anak.Selain itu,dengan adanya peraturan daerah para pelaku kejahatan terhadap anak dan pelanggaran terhadap hak-hak anak, dapat dihukum setimpal yang menyebabkan efek jera.

“Perda ini juga nantinya mengedepankan faktor ketahanan keluarga, karena keluarga merupakan faktor utama yang berperan dalam tumbuh kembang anak,”ujar mantan Sekdispora Kota Cilegon itu.

Baca:Wujudkan Kota Layak Anak,Gugus Tugas KLA Cilegon Kaji Banding ke Yogyakarta

Terjadinya kekerasan yang menimpa anak-anak,Heni menyatakan salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah lingkungan.Menurutnya, dari hasil penelitian menunjukkan faktor lingkungan yang terbaik untuk anak adalah yang mempunyai komunitas yang kuat secara fisik dan sosial.

“Komunitas yang mempunyai aturan yang jelas dan tegas, komunitas yang memberi kesempatan dan penghargaan pada anak. Perda ini juga mengatur tanggung jawab pemerintah dalam mewujudkan lingkungan yang disebutkan tadi, yaitu lingkungan yang layak dan ramah terhadap anak,”jelasnya.

Menjadikan Kota Cilegon sebagai KLA didukung penuh oleh Ketua Lembaga Perlindungan Anak, Akhdi Romli.Ia,menginginkan agar Raperda tersebut segera dibahas kemudian disahkan menjadi Perda.

‘Kenapa demikian, karena memang kami melihat ada beberapa kasus yang korbannya anak-anak.Walau tidak banyak,minimal dengan adanya Perda KLA tersebut selain hak anak terpenuhi,kami juga bisa mensosialisasikan terhadap masyarakat.Karena jelas bagi kami Perda itu juga sebagai salah satu payung hukum apabila kami melakukan penilaian,”ungkapnya.(ps)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *