Home / Politik / Belum Jelas Dilantik,PDIP Minta Wakil Wali Kota Cilegon Terpilih Dibatalkan

Belum Jelas Dilantik,PDIP Minta Wakil Wali Kota Cilegon Terpilih Dibatalkan

 

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Belum jelas kapan dilantik,kini jabatan Wakil Wali Kota Cilegon Terpilih dipermasalahkan.Adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Cilegon yang meminta supaya Ratu Ati Marliati yang menjadi wakil wali kota terpilih dibatalkan atau tidak dilantik.

Bukan tanpa alasan,sebagai partai pengusung pasangan Tb Iman Ariyadi-Edi Ariadi dalam Pilkada Cilegon 2015, PDI-P menilai dalam proses pemilihan Wakil Wali Kota Cilegon ada yang di langgar.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPC PDIP Bidang Hukum, Tb.Amri Wardhana kepada sejumlah jurnalis media cetak dan media online di kantor PDI-P,Senin (20/5).

“Kami melihat wakil wali kota terpilih tidak usah dilantik,sebaiknya dibatalkan,karena dalam prosesnya cacat hukum.Dimana pada proses pendaftaran dan verifikasi dilakukan ada salah satu persyaratan yang tidak dilengkapi namun lolos,”tegas Amri.

Salah satu kekurangan saat pencalonan Ati yakni tidak ada surat rekomendasi dari DPP Partai Golkar.

Ratu Ati Marliati sebagai Wakil Wali Kota Cilegon Terpilih hanya mengantongi rekomendasi dari DPD Kota Cilegon dan DPD Provinsi Banten.

Meski pemilihan telah selesai,Amri menegaskan pihaknya akan menindaklanjuti persoalan tersebut.

“Kami melihat salah satu calon yang diusung oleh Partai Golkar tidak memenuhi persyaratan administrasi,karena tidak ada surat rekomendasi dari DPP.Dalam proses verifikasi,saat itu Panlih mengatakan,apabila ada yang kurang maka akan dihubungi.Tetapi panlih mengatakan,syarat administrasi kedua calon itu sudah lengkap.Namun dikemudian hari salah satu calon itu direkomendasi oleh DPD bukan dari DPP,”jelas dia.

Amri mengungkapkan persoalan ini baru terbuka sekarang,karena saat itu bersifat tertutup.Ada pelanggaran terhadap UU No.10/2016 pasal 176 atau UU No.7/2017 dimana syarat pendaftaran untuk mengikuti Pemilu atau Pemilukada itu harus ditanda tangani oleh pengurus pusat.

“Ditanda tangani oleh Ketua Umum dan Sekjen atau nama lainnya ditingkat kepengurusan pusat di Partai Politik.Artinya, persyaratan untuk mencalonkan kepala daerah harus mendapatkan rekomendasi dari DPP.Oleh karena itu,walau sudah berjalan pemilihannya,seharusnya Panlih mendiskualifikasi calon tersebut,tapi ini tidak,”tuturnya.

Tb. Ari Wardhana menyampaikan ampai saat ini Gubernur Banten belum mengeluarkan surat keputusan,karena terganjal oleh aturan.Apalagi kalau dikeluarkannya sekarang,juga menyalahi aturan lagi.

“Oleh karena itu,kami akan menyurati yang tembusannya kepada Mendagri, bahkan kepada Presiden untuk menjelaskan ini semua.Jadi secara hukum,walau pemilihannya sudah lewat,apabila diketemukan cacat hukum,maka bisa di diskualifikasi atau dibatalkan.Karena yang benar dalam persyaratan administrasi adalah calon No.2 Reno Yanuar yang mengantongi SK rekomendasi dari DPP.Kalaupun diulang ini tidak mungkin,karena ini bukan prosesnya yang salah.Karena panlihnya menetapkan orang yang persyaratannya kurang dan ada apa,”ungkapnya.

Di Kemendagri

Saat di konfirmasi wongbanten.id Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Banten Gunawan Rusminto menyatakan belum mengetahui kapan Wakil Wali Kota Cilegon Terpilih akan dilantik.

“Sekarang prosesnya ada ditangan Kemendagri,persoalan kapan dilantiknya kami juga tidak tahu.Namun yang kamu.ketahui sedang dalam pengkajian,”jelas Gunawan.

Dijelaksan Gunawan pihak Pemprov Banten terus mendorong persoalan tersebut, bahkan untuk dia setiap Senin-Kamis mendatangi Kemendagri.

“SK pengangkatan kan harua ditandatangai Kemendagri dan Presiden.Bila sudah ditandatangani gubernur tinggal melaksanakan pelantikan saja,”jelasnya. ((ps)

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *