Home / Lingkungan / Perusahaan Pertambangan Datang,Enam Sumber Mata Air di Bayah Hilang
Untuk menyelamatkan dan memulihkan daerah resapan air warga Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak , bersama JMPB melakukan aksi penanaman pohon. Foto:JMPB

Perusahaan Pertambangan Datang,Enam Sumber Mata Air di Bayah Hilang

Warga di Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak,  tidak pernah merasakan kekurangan air bersih. Kebutuhan air bersih untuk keperluan warga sehari-hari berlimpah, sebab diwilayah tersebut terdapat tujuh sumber mata air. Ke tujuh mata air itu yakni mata air Cipicung, Cibayawak, Cimonyet, Cipederang, Cikalapa, Ciarya dan Cibutun.

Namun itu ternyata cerita beberapa tahun yang lalu, kini kondisinya sangat jauh berbeda.

Aktivis  Jaringan Masyarakat Peduli Bayah (JMPB) Henriana Hatra menceritakan,saat ini di wilayah tersebut hanya tersisa satu sumber mata air yaitu  mata air  Cipicung.Menurutnya saat ini sekitar  500 kepala keluarga yang tinggal di  Kampung Sawah RW 07 dan RT 8 dan Kampung Tenjo Laut RW 01  RT 02 untuk pemenuhan  kebutuhan air bersih mereka bergantung dari  mata air  Cipicung.

“Saat musim kemarau seperti sekarang ini,daerah resapan sumber mata air  Cipicung mulai kritis dan mengering. Warga terpaksa harus giliran  menggunakan sumber mata air tersebut yang disalurkan kedalam dua bak penampungan.Dari bak penampungan, air kemudian dialirkan  melalui selang plastik ke masing-masing rumah warga,” cerita Henriana belum lama ini.

Ditambahkan dia, dengan  menggunakan peralatan sederhana dan seadanya, warga mencoba mengukur debit air yang masuk kedalam bak bak penampungan tersebut.Hasilnya, saat ini debit air dari mata air Cipicung mencapai 28 ml/1 detik.

“ Ini artinya sama dengan 1.662 ml/menit, dan sehari hanya mencapai 2.393 liter untuk menutupi kebutuhan 500 KK. Padahal kebutuhan normal air bersih manusia antara 50-60 liter perhari/jiwa. Tentusaja hal ini berdampak terhadap kurangnya pasokan air bersih untuk warga,” jelas pria berkacamata ini.

Kondisi kemarau sangat berpengaruh terhadap berkurangnya debit mata air Cipicung, hal lain yang dominan mempengaruhi penurunan debit air  adalah adanya aktivitas pertambangan.Aktivitas pertambangan paling dominan memberikan dampak buruk terhadap daerah resapan air.

Munculnya aktivitas perusahaan pertambangan telah menyebabkan enam sumber mata air hilang,padahal sebelum ada perusahan pertambangan enam sumber mata air itu mampu memenuhi kebutuhan air bersih warga.

Digerus Industri,Jaringan Masyarakat Peduli Bayah Pulihkan Sumber Mata Air di DAS Cipicung

Lahan Tambang di Daerah Resapan  Ancam Sumber Mata Air

Suparno (48), seorang warga Kampung Tenjo Laut, mengaku khawatir pembukaan lahan tambang di wilayah resapan air akan menghilangkan sumber mata air  yang tersisa.

“Musim kemarau ini warga  sudah kekurangan air, sumber mata air tinggal  Cipicung yang saat ini airnya terbatas yang membuat kami harus bergiliran.Saya takut mata air Cipicung juga hilang sebab dirusaknya daerah resapan air oleh PT. Cemindo Gemilang dengan dibukanya lahan tambang disekitar mata air, kami menolak  segala aktivitas tambang yang akan mengganggu sumber mata air,” tegas pria yang akrab disapa Penol itu.

Ketakutan hilangnya sumber mata air akibat aktivitas penambangan di daerah resapan membayangi Ade Hidayat (47).Lelaki yang tinggal di Kampung Sawah itu dengan tegas menolak adanya kegiatan penambangan di daerah resapan air.

“Cipicung  satu satunya sumber air yang masih kami gunakan, dan saat ini di daerah resapan airnya sudah ada bekas aktivitas tambang, kalau penambangan diteruskan, ini akan berdampak terhadap rusaknya sumber mata air tersebut, kami menolak!,” tegasnya.

Lain lagi cerita Awing, pria paruh baya ini mengungkapkansebelum ada aktivitas perusahaan kami tidak pernah kekurangan air bersih, karena ada sumber lain, sekarang lanjut dia setelah ada perusahaan, sumber air kami hilang dan tinggal satu satunya yang bisa diharapkan meskipun dalam kondisi kritis.

“Kami meminta semua pihak untuk bertanggungjawab terhadap hilangnya sumber mata air tersebut,”tuntutnya.

Tanam Pohon

Untuk menyelamatkan dan memulihkan daerah resapan air, warga bersama JMPB  melakukan aksi penanaman pohon di beberapa titik.Aksi JMPB bersama warga menanam pohon di lahan kritis merupakan aksi yang kedua.

“Daerah resapan air semakin kritis, kalau ini dibiarkan, bencana besar sedang mengintai warga di dua Kampung, yaitu Kampung Sawah dan Tenjo Laut, Desa Darmasari, Kecamatan Bayah yakni  krisis air bersih,” jelas  Henriana.

JMPB akan terus mendampingi masyarakat dengan aksi  menanaman pohon yang tujuannya  untuk pemulihan sumber mata air disemua wilayah terdampak aktivitas perusahaan.

Foto:JMPB

Henriana pun menyitir Pasal 33 Ayat 3 UUD 1945 yang seharusnya menjadi  acuan untuk mengolah sumber daya alam Indonesia untuk  kemakmuran rakyat. Hal tersebut mutlak harus di implementasikan oleh seluruh elemen negara,  bukan hanya eksekutif,  legislatif, yudikatif, masyarakat dan pihak swasta.

Investor pun lanjutnya harus mengimplementasikan nila-nilai yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar 1945.  Air yang merupakan kebutuhan mutlak manusia tetapi aneh  tidak didapatkan oleh warg.

“Ini seyogyanya menjadi catatan catatan penting untuk pemerintah agar mengevaluasi semua perizinan tambang yang dapat merusak ekosistem daerah sumber mata air, atau bahkan membuat moratorium dan melakukan identifikasi dan memberikan jaminan kepada warga bahwa sumber airnya tidak akan terdampak,”tegasnya.

Disaat musim kemarau, air sangat dibutuhkan kehadirannya oleh warga, untuk itu sudah sepatutnya  negara hadir, sebagai penguasa air satu satunya di negara Indonesia dengan memenuhi kebutuhan air bersih bagi warganya.

“Dan yang lebih penting adalah menjaga sumber mata air Cipicung sebagai satu satunya sumber air yang masih bisa digunakan,” harap Henriana.(poe)

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *