Home / Lingkungan / Jaga Kualitas Udara,Wali Kota Cilegon Ajak Masyarakat Tanam Pohon
Wali Kota Cilegon Edi Ariadi secara simbolis memberikan bibit pohon.Untuk menjaga kualitas udara Cilegon Edi mengajak seluruh warga melakukan gerakan tanampohon. Foto:Diskominfo Kota Cilegon

Jaga Kualitas Udara,Wali Kota Cilegon Ajak Masyarakat Tanam Pohon

WONGBANTEN.ID,CILEGON- Wali Kota Edi Ariadi meminta masyarakat Cilegon  untuk meningkatkan rasa kepedulian dan cinta terhadap kelestarian lingkungan sekitar. Ajakan tersebut disampaikan dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup  (HLH)  sedunia  tingkat Kota Cilegon,Selasa (30/7). HLH sedunia tahun ini bertema ‘Biru Langitku Hijau Bumiku’.

Dalam kesempatan tersebut Edi mengutip  data yang di rilis  badan kesehatan dunia  atau  World Health Organization (WHO) yang menyebutkan   salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia yaitu polusi udara.

“ WHO menyatakan setiap tahun ada 7 juta orang meninggal karena polusi udara, dan diseluruh dunia tercatat bahwa 9 dari 10 orang terpapar pencemaran udara yang berasal dari kendaraan, industri, pertanian dan pembekaran sampah,”jelasnya.

Menurut Edi,  untuk memastikan polusi udara terpantau dengan baik, sejak tahun 2015 Indonesia   telah membangun sistem pemantau kualitas udara kontinyu.

 

“Ada sebanyak 26 stasiun pemantau dan terhubung dengan 44 stasiun yang sudah ada, termasuk di Kota Cilegon pemerintah  telah memasang  alat Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di beberapa titik di setiap kecamatan sebagai pemantau kualitas udara di Kota Cilegon,” ujarnya.

Upaya pengendalian polusi udara lanjut wali kota perlu diimbangi dengan gerakan menanam pohon untuk menambah kapasitas reduksi polusi udara.

“Gerakan ini akan memberikan dampak yang lebih besar jika seluruh pihak berpartisipasi dengan menanam dan memelihara 25 pohon seumur hidup. Saya mengajak masyarakat untuk mendukung program penanaman 25 tahun seumur hidup dalam rangka menjaga kualitas udara, air, tanah, serta ekosistem di bumi ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon Ujang Iing saat diwawancai mengatakan saat ini pihaknya tengah berupaya semaksimal mungkin untuk menggerakkan gerakan akar rumput. “Saat ini kita berupaya menggerakkan gerakan akar rumput dari sekolah- sekolah dan kita juga akan membina dari para dewan guru dan para anak-anak didik untuk memulai menanam dan menanam pohon hijau, setelah itu kedepannya kita akan ketingkat lebih luas lagi, ke tingkat rumah-rumah warga, kelurahan dan juga kecamatan,” jelasnya.(ps)

Check Also

Penuhi Persediaan Jelang Lebaran, PMI Kota Cilegon Ajak Warga “Sedekah” Darah

WONGBANTEN.ID,CILEGON- Untuk memenuhi  kebutuhan dan menjaga persediaan darah yang aman  menjelang Hari Raya Idul Fitri …

Pandeglang Raih WTP 5 Kali Berturut-turut, Irna :Ini Hasil Kerja Semua

WONGBANTEN.ID,SERANG- Bupati Pandeglang Irna Narulita menyatakan, opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *