Home / Banten / Gerakan 100 Smart City, Setiap OPD Harus Punya 1 Quick Wins untuk Pelayanan Masyarakat
Pemkot Cilegon melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi dan Statistik (Diskominfo) menggelar bimbingan teknis tahap II menuju gerakan 100 Smart City. Bimtek akan berlangsung selama dua hari itu diselenggarakan di Aula Inspektorat, Rabu (7/8). Foto:Diskominfo Kota Cilegon

Gerakan 100 Smart City, Setiap OPD Harus Punya 1 Quick Wins untuk Pelayanan Masyarakat

WONGBANTEN.ID,CILEGON-  Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi dan Statistik (Diskominfo) menggelar bimbingan  teknis (bimtek) tahap II menuju gerakan 100 Smart City. Bimtek akan berlangsung selama dua hari itu  diselenggarakan di Aula Inspektorat, Rabu (7/8) secara resmi  dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo, Achmad Jubaedi.

Bimtek tahap II ini diikuti sebanyak 85 orang peserta.

“Perlu kita ketahui, sesungguhnya gerakan menuju 100 Smart City ini intinya lebih memudahkan kita untuk meningkatkn kualitas pelayanan publik, dengan instrumen teknologi informasi  maupun yang non teknologi informasi,” jelas Jubaedi dalam sambutannya..

Menuju tataran Smart City lanjut Jubaedi,  tidaklah mudah dan memerlukan tahapan-tahapan yang jelas dan terukur. Implementasi Smart City ini telah menjadi bagian dari program prioritas Wali Kota Cilegon yang tertuang dalam RPJMD Kota Cilegon 2016-2021.

“ Oleh karena itu sudah saatnya seluruh para pemangku kepentingan/stakeholder bekerjasama secara optimal guna mewujudkan Cilegon menjadi sebuah kota yang cerdas,” ungkapnya.

Achmad Jubaedi menjelaskan bahwa Smart City tidak selalu berkaitan dengan masalah teknologi.

“Mungkin masih banyak yang belum mengerti apa itu Smart City, sebenarnya Smart city itu tidak hanya berkaitan dengan masalah teknologi saja, namun juga bagaimana kita bisa mewujudkan inovasi yang smart yang dapat memberikan dampak secara langsung terhadap masyarakat,” terangnya.

Untuk suksesnya Cilegon Smart City,  Achmad  Jubaedi  mengajak kepada seluruh stakeholder untuk bersama –sama  berkomitmen merubah pola pikir dan budaya berbasis digital, serta konsisten dalam menjalankan regulasi yang ditetapkan.

Kasie Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Adi Tri Prasetyo  berharap hasil dari bimtek tahap II ini setiap organisasi perangkat daerah (OPD)  bisa mengeluarkan Quick Wins .

“Setiap OPD yang berkaitan dengan pelaksanaan implementasi smart city bisa mengeluarkan 1 macam Quick Wins, dimana Quick Wins ini yaitu suatu inovasi yang sifatnya unik yang bisa output atau outcomenya adalah pelayanan terhadap masyarakat jadi output dalam bimtek tahap II ini adalah penetapan Quick Wins untuk setiap OPD,” ujarnya.(ps)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *