Home / Pendidikan / Tingkatkan Minat Baca, PT Krakatau Bandar Samudera Dirikan Taman Baca Samudera Ilmu
Wali Kota Cilegon Edi Ariadimelihat koleksi buku di TamanBaca Samudera Ilmu di Kantor Camat Ciwandan, Jumat (9/8). Foto:Diskominfo Kota Cilegon

Tingkatkan Minat Baca, PT Krakatau Bandar Samudera Dirikan Taman Baca Samudera Ilmu

Salah satu sudut ruangan di Kantor Kecamatan Ciwandan kini berubah menjadi sebuah perpustakan, ruangan posisinya  bersebelahan dengan ruang pelayanan publik itu kini dipenuhi berbagai macam buku ilmu pengetahuan. Di beberapa rak tersedia tersusun rapih berbagai  judul buku.Untuk kenyamanan para pembaca, ruangan tersebut dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Ruang baca di Kecamatan Ciwandan itu dinamakan Taman Baca Samudera Ilmu, merupakan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) dan PT Balai Pustaka. Taman bacaan tersebut diresmikan oleh Wali Kota Cilegon Edi Ariadi, Jumat (9/8).

Program CSR yang dilakukan PT KBS dan PT Balai Pustaka dalam wujud taman bacaan ini diapresiasi   Wali Kota Cilegon Edi Ariadi. Wali kota  berharap dengan adanya Taman Baca Samudera Ilmu bisa meningkatkan semengat literasi di Kecamatan Ciwandan.

“Dengan hal ni semoga menjadi momentum awal bagi Pemerintah Kota Cilegon dan industri dalam menjalin kerjasama dimasa-masa yang akan datang dalam bidang pendidikan demi mewujudkan Kota Cilegon yang kita cintai ini terus maju dalam semua bidang,” kata Edi dalam sambutanya.

Dijelaskan Edi, dengan membaca bisa  menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat yang membaca  berpikir kritis dalam memecahkan masalah, serta kemampuan berkomunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan potensi dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Apa yang telah dilakukan perusahaan milik negara ini lanjut Edi, merupakan suatu upaya yang baik dalam menumbuhkan minat baca anak-anak- maupun masyarakat umumnya. “Betapa pentingnya membangun kebiasaan membaca sejak dini, dengan tumbuhnya minat membaca diharapkan dapat menjadikan para generasi penerus menjadi insan yang berkualitas,” harapnya.

Ditegaskan Edi,  Taman Baca Samudera Ilmu merupakan aset, jadi hendaknya semua  turut menjaga dan merawatnya.

“ Untuk seluruh pegawai dan masyarakat Kecamatan Ciwandan, saya minta dapat menjaga dan merawat aset yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya, semoga nantinya taman baca ini dapat berkembang lebih besar, dengan koleksi buku yang semakin lengkap sehingga bisa menarik lebih banyak minat pembaca,” tuturnya

Salah seorang warga Ciwandan, menerima beasiswa pendidikan dari PT KBS. Selain memberikan bea siswa, PT KBS juga mendirikan Taman Baca Samudera Ilmu.
Foro:Diskominfo Kota Cilegon

Untuk pengelolaan taman baca tersebut, Edi meminta Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon untuk melatih Sumber Daya Manusia (SDM) di Kecamatan Ciwandan agar bisa mengelola perpustakaan dengam baik. “Kami minta ke Kepala DPAD Cilegon Ibu Nur Fatma untuk melatih SDM untuk mengelola perpustakaan Kecamatan Ciwandan dengan baik,” pintanya.

Kedepannya, Edi berharap semua perusahaan besar yang ada di Kota Cilegon bisa mengikuti jejak PT KBS dengan memberikan perhatiannya kepada masyarakat Kota Cilegon melalui program CSR.

“Semoga taman baca dan juga beasiswa untuk siswa berprestasi yang di gagas ini tidak hanya diberikan untuk masyarakat Ciwandan saja, tapi juga menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi, dan saya juga berharap apa yang sudah dipelopori oleh PT KBS ini dapat menjadi inisiasi dan diikuti oleh perusahaan lainnya yang ada di Kota Cilegon,” harapnya.(poe)

Check Also

Harapan Wagub Banten:Target Saber Pungli, Pelayanan Publik dan Cegah Korupsi

WONGBANTEN.ID,SERANG– Guna memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien serta mencegah terjadinya tindak  korupsi di …

Cegah Penyebaran Covid-19,Polres Cilegon Terapkan Protokol Kesehatan

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Kota Cilegon saat ini masuk kategori penyebaran virus corona  sedang atau zona oranye. Di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *