Home / Politik / Wakil Wali Kota Cilegon:Optimis Pilkada Cilegon 2020 Berlangsung Kondusif

Wakil Wali Kota Cilegon:Optimis Pilkada Cilegon 2020 Berlangsung Kondusif

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Dari hasil evaluasi perkembangan politik lokal pascapemilu 2019,secara umum pesta demokrasi lima tahunan di Kota Cilegon berjalan dengan lancar dan kondusif.Dari pengalaman tersebut, diharapkan jelang Pilkada 2020 nanti, dalam pelaksanaannya  juga bisa berlangsung dengan aman.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Cilegon Ratu Ati Marliati dalam acara Evaluasi Perkembangan Politik Kota Cilegon Pasca Pemilu 2019 dan Jelang Pilkada 2020, yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon, Rabu (30/10).

Menurut Ati, secara umum pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Cilegon berjalan kondusif. Dirinya  berharap saat pelaksanaan Pilkada 2020 nanti bisa berlangsung kondusif.

“Kami berbangga karena warga Cilegon sudah melek politik. Meski warna-warni yang ada dalam Pemilu 2019  tapi tetap kondusif,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu,  mantan Kepala Bappeda tersebut menjelaskan, saat Pemilu 2019 tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi. Ini dapat dilihat dari angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Provinsi Banten memcapai 79,23 persen atau 6.791.166 jiwa dari total warga yang memiliki hak pilih sebanyak 8.517.336 jiwa.

“Dalam tingkat partisipasi Pemilih Provinsi Banten mengalami peningkatan dari Pemilu 2014 yang hanya 64,7 persen. Partisipasi  pada Pilpres 2019 di Kota Cilegon 85,80 persen. Sementara Pileg 85,20 persen,” ungkapnya.

Kepada Kesbangpol Cilegon, wakil wali kota meminta supaya melakukan koordinasi lebih intensif dengan aparat pemerintah lainnya yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), gunanya untuk saling menginformasikan perkembangan politik di masyarakat. Sehingga dapat melakukan berbagai tindakan preventif dan mengantisipasi berbagai potensi terjadinya konflik sosial.

“Jangan sampai ada pihak yang dapat memanfaatkan situasi politik di Kota Cilegon yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat,”  pintanya.

Ati juga menyoroti trend penggunaan sosial media menjelang tahun politik , dia berharap kepada masyarakat Kota Cilegon untuk  bijak dalam menggunakan media sosial (medsos) dalam menyikapi perkembangan politik. “Kesbangpol juga memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bijak dalam menggunakan medsos,” imbaunya.(ps)

 

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *