Home / Banten / Balai Karantina Gagalkan Upaya Penyeludupan Ribuan Burung
Foto;Balai Karantina Cilegon

Balai Karantina Gagalkan Upaya Penyeludupan Ribuan Burung

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Upaya penyelundupan ribuan burung asal Pulau Sumatera, digagalkan Tim Intelligence Collaboration (Intelect) di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Minggu (10/11 dinihari.Dari satu bus penumpang, petugas gabungan dari Karantina Cilegon dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak yang sedang menggelar razia, menemukan 30 keranjang berisi burung di dalam bagasi bus tersebut tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

Burung yang akan diseludupkan ke Bandung itu terdiri dari jenis burung pleci, kapas tembak, ciblek, gelatik dan panca warna.

“Ada 1.118 ekor burung yang kami amankan yang tidak dilengkapi dokumen persyaratan karantina serta tidak dilaporkan kepada petugas karantina,” jelas medik veteriner Karantina Hewan Karantina Cilegon,drh. Adi Prasetyo,

Adi menegaskan, saat diperiksa dan dimintai keterangan mengenai asal burung-burung yang mereka bawa tersebut, sopir maupun kernet bus  tidak bisa menunjukkan dokumen kesehatan dari daerah asal yang dipersyaratkan oleh karantina.

“Semua burung-burung ini akan kami tahan serta dalam pengawasan petugas karantina,” tegasnya.

Sementara, dari data yang dirilis oleh Balai Karantina Cilegon, selama tahun 2018 Karantina Cilegon telah berhasil mengamankan burung sebanyak 8.523 ekor, dan sampai bulan November di tahun  ini sebanyak 3.783 ekor.

Burung  merupakan media pembawa Avian Influenza sesuai Kepmentan No. 3238 tahun 2009 yang wajib dipastikan kesehatannya sejak dari daerah asal.

Kepala Balai Karantina Cilegon Raden Nurcahyo mengungkapkan, pihaknya aktif melakukan pengawasan dan penindakan terhadap lalu lintas burung liar. Selama tahun 2019 ini, Karantina Cilegon telah berhasil menggagalkan beberapa kali penyelundupan burung tanpa dilengkapi dokumen persyaratan karantina.

Beberapa kasus diproses secara hukum dimana 3 kasus sudah tahap pengadilan, dan beberapa kasus saat ini sudah tahap P21.(ps)

 

Check Also

Petugas Gabungan Karantina Cilegon dan KSKP Merak, Gagalkan Penyeludupan Anak Kucing Hutan

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Petugas gabungan Karantina Pertanian Cilegon dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, menggagalkan penyeludupan dua …

Di Cilegon, Pohon Pisang Tumbuh di Jalan Raya

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Pohon pisang biasanya tumbuh atau ditanam di lahan  kebun atau pekarangan rumah, tapi di Cilegon …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *