Home / Lingkungan / Wali Kota Cilegon Berikan Apresiasi pada PT DOW dan Rekonvasi Bhumi
Peserta Volunteer Day 2020 PT DOW berfoto bersama usai kegiatan di Kampung Kreasi Lukis Ramanuju Baru. Foto:poe saputra/wongbanten.id

Wali Kota Cilegon Berikan Apresiasi pada PT DOW dan Rekonvasi Bhumi

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Wali Kota Cilegon Edi Ariadi memberikan apresiasi kepada PT DOW dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rekonvasi Bhumi yang melakukan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat melalui program circular economy di Kampung Kreasi  Lukis, Ramanuju Baru RT 04/RW 9,  Kelurahan/Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon.

Pujian  tersebut disampaikan oleh staf ahli wali kota Ujang Iing,  yang  membacakan sambuta Wali Kota Cilegon  dalam acara Volunteer Day 2020 PT DOW di Kampung Kreasi Lukis, Selasa kemarin.

Selanjutnya Edi berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa kepedulian dan kecintaan masyarakat terhadap keindahan,  kebersihan dan kelestarian lingkungan, terutama lingkungan di sekitar.

“Semoga ke depan, kerjasama yang telah berjalan selama ini dengan baik tetap berjalan, malah lebih ditingkatkan,” harapnya.

Dalam sambutannya, Edi juga menjelaskan Kampung Kreasi Lukis Ramanuju Baru sudah eksis sejak tahun 2018.Pada awalnya, sebanyak 99 kepala keluarga (KK) atau 103 rumah di RT 04/RW 9 mempunyai keinginan  untuk menyulap permukiman padat itu menjadi kampung yang indah dan bersih.  Maka, dengan ide  kreatif dan kekompakan warga, mereka  memperindah lingkungan tempat tinggal mereka dengan cara melukis di dinding tembok rumah .Selain mengecat rumah, warga juga menanam beragam jenis tanaman. Baik tanaman pelindung maupun sayur-sayuran.

Edi menegaskan, Pemkot Cilegon sangat mendukung kegiatan Volunteer Day 2020 yang difasilitasi oleh PT DOW dan LSM Rekonvasi Bhumi yang memberikan  berbagai program dalam penguatan Kampung Kreasi Lukis Ramanuju Baru.

Program circular economy PT DOW yang dilakukan yaitu urban farming, pembuatan rumah bibit, pelatihan menanam sayuran, pembuatan komposter berbasis limbah rumah tangga, pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi barang yang punya nilai ekonomi, pemanfaatan kayu palet. Program ini menerapkan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle)

“Pemkot Cilegon melalui seluruh dinas terkait berkomitmen mendukung sepenuhnya siapapun yang memiliki kreatifitas, inovasi dan kemandirian dalam berusaha dan mengembangkan diri secara profesional,” ujar Edi.

Para peserta Volunteer Day 2020 mendapat penjelasan tentang sistem aquaponik hasil karya warga yang menggunakan bekas kemasan botol air mineral.
Foto:poe saputra/wongbanten.id

Wali Kota Cilegon juga meminta warga Kampung Kreasi Lukis bisa memanfaatkan momentum ini untuk menyerap pengetahuan dan wawasan yang diberikan fasilitator dari Rekonvasi Bhumi yang akhirnya dapat lebih memantapkan dan mengembangkan eksistensi warga Ramanuju Baru.

Ke depan Edi berharap, Cilegon yang selama ini dikenal sebagai kota industri, dapat menjadi kota industri yang berbasis industri kreatif.

Limbah kayu palet dari PT DOW disulap menjadi benda yang mempunyai nilai guna dan nilai ekonomi.
Foto:poe saputra/wongbanten.id

Volunteer Day 2020 diikuti puluhan karyawan PT DOW, selain itu hadir juga Camat dan Lurah Citangkil, pembina   Kampung Kreasi Lukis bunda  Hj. Nurrotul Uyun.Selain itu, kegiatan Volunteer Day 2020 ini dihadiri undangan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian. (nrl) 

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *