Home / Banten / Wali Kota Tinjau Media Center dan Press Room Diskominfo Cilegon
Wali Kota Cilegon Edi Ariadi (kiri), usai salat Jumat,(21/2/2020) didampingi Kadis Kominfo, Sandi dan Statistik Azis Setia Ade, mengunjungi Media Center.Kedatangan orang nomor satu di Kota Cilegon itu untuk melihat fasilitas pendukung di media center. Foto:ist

Wali Kota Tinjau Media Center dan Press Room Diskominfo Cilegon

WONGBANTEN.ID,CILEGON- Untuk menyebarluaskan informasi berbagai program pembangunan maupun   kebijakan publik yang dilakukan pemerintah daerah, Dinas Komunikasi, Informatika,  Sandi dan Statistik Kota Cilegon melakukan terobosan baru yaitu  membuat ruang Media Center (MC).

Ruang MC berada di gedung Diskominfo, satu lantai dengan  Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Mandiri FM .

Yang menarik, MC selain sebagai wahana  pendukung pelaksanaan tugas Pemkot Cilegon melakukan komunikasi dua arah yakni penyebarluasan informasi untuk kebutuhan publik atau masyarakat  dan  menampung informasi pembangunan yang disampaikan oleh masyarakat, ruangan itu  juga menjadi “press room” atau  ruangan khusus yang disediakan untuk kegiatan para  jurnalis yang sehari-hari melakukan peliputan berita di wilayah Kota Cilegon.

Wali Kota Cilegon Edi Ariadi, usai salat Jumat,(21/2/2020) didampingi Kadis Kominfo, Sandi dan Statistik Azis Setia Ade, mengunjungi MC.Kedatangan orang nomor satu di Kota Cilegon itu untuk melihat fasilitas pendukung di media center.Selain fasilitas internet, di ruangan tersebut terpasang  14 unit komputer dan satu printer.

Kadis Kominfo menjelaskan, ada tiga fungsi media center, pertama, dapat memberikan diseminasi informasi publik sebagai sarana penyebar luasan informasi kebijakan pemerintah yang berdampak secara langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat.Kedua, menjalin hubungan baik antar MC sehingga informasi yang positif pada setiap MC mampu disebarkan ke masyarakat melalui portal info publik.

Dan yang terakhir, meningkatkan pelayanan publik supaya masyarakat mampu mengakses informasi terkait kebijakan pemerintah.

“Masyarakat Cilegon yang ingin mengetahui informasi tentang program pembangunan seperti pendidikan, kesehatan, pertumbuhan ekonomi dan pelestarian budaya, infrastruktur, kebijakan publik serta informasi tentang pemerintahan bisa mengakses portal info publik website resmi Pemkot Cilegon atau melalui saluran radio Mandiri FM,”jelas Azis.

Tidak hanya itu lanjut dia, masyarakat pun dengan mengunakan saluran resmi tersebut  bisa menyampaikan beragam informasi.

Simbiosis mutualis

Azis juga menyatakan, keberadaan “press room” di media center merupakan kewajiban Diskominfo untuk menyediakan sarana dan prasarana untuk mempermudah kerja para jurnalis yang melakukan liputan berita di Cilegon.

“Di MC ada 14 komputer, nah nanti para jurnalis baik media cetak, media online, televisi bisa menggunakan fasilitas itu. Dan masing-masing jurnalis kita beri password masing-masing untuk akses internet,” tambahnya.

Fasilitas komputer di press room MC Diskominfo Kota Cilegon.
Foto:ist

 

Dengan adanya sinergi ini, Azis berharap kedepan terjalin hubungan antara Diskominfo dengan media massa atau jurnalis yang mutual independence atau simbiosis mutualis,yang menguntungkan dan saling memberi manfaat.(ps)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *