Home / Banten / Kota Cilegon Tak Akan Berlakukan Karantina Wilayah
ilustrasi-net

Kota Cilegon Tak Akan Berlakukan Karantina Wilayah

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Beragam upaya dilakukan pemerintah dan masyarakat untuk mencegah penyebaran coronavirus (COVID-19) baru di wilayahnya.Upaya yang dilakukan, mulai dari penerapan social distancing atau pembatasan sosial, physical distancing atau menjaga jarak aman antara satu orang dengan orang lainnya hingga karantina wilayah atau lockdown yang mulai diterapkan di beberapa daerah.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan menyatakan, karantina wilayah adalah pembatasan penduduk dalam suatu wilayah termasuk wilayah pintu masuk beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit atau terkontaminasi.

“Saya berharap tidak ada lockdown di Kota Cilegon, karena nantinya akan ada masalah lain yang timbul.Oleh karena itu, kepada masyarakat Kota Cilegon supaya bisa bekerja sama dalam menghentikan wabah COVID-19 ini, agar kota kita ini aman dari penyebaran virus tersebut  dan tidak ada lockdown,” harap Wali Kota Cilegon Edi Ariadi dihadapan peserta  rapat koordinasi terbatas gugus tugas percepatan penanganan  COVID-19 di aula Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik Kota Cilegon, Senin (30/3/2020).

Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi memimpin rapat koordinasi terbatas gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.
Foto:Diskominfo Kota Cilegon

Edi Ariadi yang memimpin rapat tersebut menjelaskan, Pemkot Cilegon telah melakukan berbagai upaya dalam mencegah penyebaran coronavirus di Cilegon.

“Diantaranya, kita sudah melakukan sosialisasi hidup bersih, kemudian pembatasan ruang gerak masyarakat dengan menerapkan social distancing yang semua dituangkan  dalam SK Wali Kota, kemudian kita juga sudah melakukan penyemprotan cairan zat disinfektan di ruang publik,” jelasnya.

Utuk mencegah penularan virus tersebut, Edi memintaya masyarakat di kota industri mematuhi dan mentaati perintah, anjuran yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam melawan penyebaran dan penularan COVID-19.

Dalam rapat koordinasi terbatas itu, beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang terkait dalam satgas percepatan penanganan  COVID-19 memberikan beragam informasi,masukan serta langkah yang harus diambil untuk menghentikan penyebaran virus corona di wilayah Cilegon.

Kepala Dinas Kesehatan dr Arriadna mengemukakan, untuk memutus rantai penularan COVID-19,  pihaknya meminta peran aktif seluruh RT, RW, Lurah, Camat se-Cilegon dibantu  TNI dan Polri untuk melakukan pemantauan penduduk atau warganya yang keluar atau masuk wilayahnya.

“Bila ada ODP atau orang yang baru datang dari luar wilayah, luar negeri atau bertemu dengan orang asing di satu wilayah, hendaknya RT memyampaikan hal tersebut kepada kami, dengan demikian kami bisa mendata untuk melakukan tindakan kesehatan.Ini salah satu cara untuk memutuskan penyebaran ,” tegas Arriadna,

Arriadna juga meminta masyarakat Cilegon  mematuhi instruksi/himbauan wali kota seperti untuk menjaga jarak satu dengan yang lain, tinggal di rumah dan isntruksi lainnya yang tujuannya untuk memutus penyebaran virus.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Cilegon Sari Suryati menjelaskan, Pemerintah Kota Cilegon menyiapkan anggaran 10 miliar  untuk menangani Covid-19 ini.

“Untuk anggaran kami sudah menghitung, nantinya akan ada yang digeser, dan di hitungan kami persiapan untuk 3 bulan sekitar 10 miliar,” terangnya.

Sari juga menjelaskan pemerintah daerah menyiapkan sembako dalam bentuk beras dan makanan pokok sebanyak 3.000 paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat yang rentan sosial selama bulan puasa.

“Bagaimana pola pendistribusiannya sedang kita kaji teknisnya,” katanya.(ps)

.

Check Also

Pidato Pertama Helldy Agustian:Pemkot Cilegon Melayani,Bukan Dilayani

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta, sah dilantik  sebagai Wali Kota  dan Wakil Wali Kota Cilegon …

603 Personel Gabungan Amankan Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon,Ini Fokus Pengamanan

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Sebanyak 603 personel gabungan disiagakan dalam rangka pengamanan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *