Home / Nusantara / Presiden Tetapkan COVID-19 sebagai Bencana Nasional
ilustrasi-net

Presiden Tetapkan COVID-19 sebagai Bencana Nasional

WONGBANTEN.ID,JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi),  menetapkan bencana nonalam penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai Bencana Nasional, dengan pertimbangan  bencana nonalam yang disebabkan oleh penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) itu telah berdampak meningkatnya jumlah korban dan kerugian harta benda, meluasnya cakupan wilayah yang terkena bencana, serta menimbulkan implikasi pada aspek sosial ekonomi yang luas di Indonesia.

Dikutip wongbanten.id dari laman setkab.go.id, Selasa (14/4/2020),  penetapan bencana nasional  ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Selain itu, organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) juga  telah menyatakan Covid-19 sebagai Global Pandemic tanggal 11 Maret 2020 lalu.

Dalam diktum  kesatu pada Keppres dinyatakan “Menyatakan bencana nonalam yang diakibatkan oleh penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional,” .

Keppres juga menjelaskan  penanggulangan bencana nasional yang diakibatkan oleh penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melalui sinergi antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Gubernur, bupati, dan wali kota, menurut Keppres ini, sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di daerah, dalam menetapkan kebijakan di daerah masing-masing harus memperhatikan kebijakan Pemerintah Pusat. (ps)

 

Check Also

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Gubernur WH : Kota Serang Etalase dan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berharap Kota Serang tumbuh menjadi etalase dan Pusat Pemerintahan Provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *