Home / Nusantara / Presiden Tetapkan COVID-19 sebagai Bencana Nasional
ilustrasi-net

Presiden Tetapkan COVID-19 sebagai Bencana Nasional

WONGBANTEN.ID,JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi),  menetapkan bencana nonalam penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai Bencana Nasional, dengan pertimbangan  bencana nonalam yang disebabkan oleh penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) itu telah berdampak meningkatnya jumlah korban dan kerugian harta benda, meluasnya cakupan wilayah yang terkena bencana, serta menimbulkan implikasi pada aspek sosial ekonomi yang luas di Indonesia.

Dikutip wongbanten.id dari laman setkab.go.id, Selasa (14/4/2020),  penetapan bencana nasional  ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Selain itu, organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) juga  telah menyatakan Covid-19 sebagai Global Pandemic tanggal 11 Maret 2020 lalu.

Dalam diktum  kesatu pada Keppres dinyatakan “Menyatakan bencana nonalam yang diakibatkan oleh penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional,” .

Keppres juga menjelaskan  penanggulangan bencana nasional yang diakibatkan oleh penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melalui sinergi antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Gubernur, bupati, dan wali kota, menurut Keppres ini, sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di daerah, dalam menetapkan kebijakan di daerah masing-masing harus memperhatikan kebijakan Pemerintah Pusat. (ps)

 

Check Also

Waspadai Penyeludupan Narkotika di Tengah Arus Mudik, BNNK Cilegon Gelar Operasi P4GN

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Antisipasi  para pelaku penyeludup narkotika dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya yang  memanfaatkan situasi arus …

Kisah Perjuangan Handayani, Guru Tunadaksa asal Temuputih

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Lahir dari keluarga tidak mampu dengan keterbatasan fisik dan motorik yang dimilikinya, tak menjadikan gadis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *