Home / Politik / KPU Cilegon Dapat Tambahan Anggaran Rp 1,3 Miliar Untuk APD dari APBN
KPU RI mengenalkan APD ke publik yang akan digunakan oleh para penyelenggara disetiap tingkatan Foto:Dok KPU RI

KPU Cilegon Dapat Tambahan Anggaran Rp 1,3 Miliar Untuk APD dari APBN

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Pemilihan  kepala daerah (Pilkada)  Cilegon 2020 yang rencananya digelar 9 Desember mendatang akan berlangsung di tengah pandemi Covid-19,  mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon  melakukan upaya pencegahan, melindungi diri petugas dan pemilih dari bahaya  virus corona.

Dengan penambahan anggaran Pilkada  yang bersumber dari APBN, KPU Cilegon menerima  sebesar Rp1.399.391.000 miliar, dana tersebut  khusus  untuk pengadaan  Alat Pelindung Diri (APD)  yang digunakan untuk  menunjang kerja-kerja petugas pemilihan, terutama yang bertatap muka langsung dengan masyarakat.Sementara untuk anggaran pilkada yang  dananya   dari APBD Kota Cilegon  sebesar Rp33 miliar lebih, tidak memasukan  anggaran untuk  APD.

Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi menjelaskan sesuai  Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2020 KPU RI tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan Tahun 2020 Dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),  semua proses tahapan yang  krusial harus sesuai protokol kesehatan.

“Cilegon sedang melakukan tahapan- tahapan krusial, otomatis kegiatan tersebut akan bersentuhan langsung dengan masyarakat.Tahapan seperti verifikasi untuk  jalur perseorangaan, pemutakhiran data pemilih dan tahapan lainnya.Petugas dalam melakukan tugasnya harus memakai APD sesuai protokol kesehatan Covid-19,” jelas Irfan, Selasa (23/6/2020).

Menurut Irfan Alfi, KPU Kota Cilegon pada  Pilkada 9 Desember nanti menambah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak  128 TPS. Penambahan ratusan TPS itu akibat Covid-19,sebab pelaksanaan Pilkada harus menerapkan protokol kesehatan..

“Awalnya di Cilegon  TPS ada di 650 titik dengan basis  maksimal 800 pemilih per TPS, tetapi karena ditengah pandemi Covid-19 yang harus menerapkan protokol kesehatan maka   jumlah TPS  bertambah menjadi   778  dengan basis maksimal 500 pemilih per TPS sesuai aturan KPU RI,” jelas dia.(nrl)

Check Also

Petugas Gabungan Karantina Cilegon dan KSKP Merak, Gagalkan Penyeludupan Anak Kucing Hutan

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Petugas gabungan Karantina Pertanian Cilegon dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, menggagalkan penyeludupan dua …

Di Cilegon, Pohon Pisang Tumbuh di Jalan Raya

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Pohon pisang biasanya tumbuh atau ditanam di lahan  kebun atau pekarangan rumah, tapi di Cilegon …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *