Home / Politik / Langgar Kode Etik Penyelenggara Pemilu, Seorang Anggota PPK Pulomerak Diberhentikan
ilustrasi-net

Langgar Kode Etik Penyelenggara Pemilu, Seorang Anggota PPK Pulomerak Diberhentikan

WONGBANTEN.ID, CILEGON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon memberhentikan seorang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  Pulomerak karena  melakukan pelanggaran kode etik  profesionalitas . Anggota  yang berinisial TRS itu, sebagai penyelenggara pemilukada terlibat dalam kegiatan deklarasi dan berfoto bersama tim pemenangan salah satu bakal pasangan calon yang akan maju di Pilkada Cilegon 2020.

“Mulai tanggal 6 Juli,anggota PPK berinisial TRS telah kami berhentikan secara tetap karena melanggar kode etik foto bersama dengan tim pemenangan kandindat bakal  pasangan calon (Balon) wali kota dan wakil wali kota,” jelas anggota Komisoner KPU Cilegon Divisi Hukum Sehabudin,  Rabu (8/7/2020).

Sehabudin menjelaskan, pemberhentian anggota PPK Pulomerak itu sudah melalui prosedur. Sebelumnya, Dewan Kehormatan Penyelengara Pemilu (DKPP) Kota Cilegon  telah memanggil yang bersangkutan untuk mengklarifikasi kegiatan yang telah dilakukan TRS.

“Dari hasil sidang pleno, TRS terbukti salah dan sanksinya adalah diberhentikan.Terbukti dan melanggar aturan sebagai anggota PPK. Kami tegas melakukan hal ini karena integritas itu harga mati bagi penyelenggara,”tegas dia.

Menurut   Ketua Bawaslu Kota Cilegon Siswandi, dari hasil pemeriksaan terhadap anggota PPK tersebut,  pihaknya menemukan bukti-bukti yang kuat dan mengarah kepada pelanggaran kode etik.

“Dalam pemeriksaan selama kurang lebih 120 menit dan dihadiri oleh komisoner KPU sendiri.Kami menemukan bukti-bukti yang cukup kuat adanya pelanggaran kode etik.Dan kami juga telah merekomendasikan sanksi,”ucapnya.

Peristiwa ini menurut dia, hendaknya dijadikan sebuah pelajaran.Untuk menjadi seorang penyelenggara pemilu dibutuhkan integritas yang cukup kuat.

“Kami berharap kejadian ini tidak terulang oleh anggota badan penyelenggara (Adhoc) lainnya.Karena sebelum ditetapkan menjadi anggota PPK,semua melakukan proses seleksi dengan ketat. Apalagi mereka juga menanda tangani pakta integritas dan disumpah,” ujar pria yang akrab dipanggil Sis itu.(ps)

Check Also

Selawat Kemenangan Cilegon Tak Boleh Henti Iringi Deklarasi Pasangan Ati-Sokhidin

WONGBANTEN.ID,CILEGON- Jelang deklarasi pasangan Ratu Ati Marliati-Sokhidin, bakal calon wali kota dan wakil wali kota …

Ati-Sokhidin Paslon Pertama dari Parpol yang Deklarasi di Pilkada Cilegon 2020

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Jika tak ada aral melintang, koalisi empat partai politik  akan mendeklarasikan pasangan Ratu Ati Marliati-Sokhidin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *