Home / Lingkungan / Pemkot Cilegon Manfaatkan Limbah Baja untuk Pembangunan Infrastruktur
Pemerintah Kota Cilegon melakukan Penandatangan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota dengan PT Krakatau Posco di ruang rapat Walikota, Kamis (16/7/2020). Foto:Diskominfo Kota Cilegon

Pemkot Cilegon Manfaatkan Limbah Baja untuk Pembangunan Infrastruktur

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon akan memanfaatkan limbah baja (steel slag) hasil residu peleburan baja dan besi bekas untuk pembangunan infrastruktur kontruksi  jalan. Slag ( limbah padat) secara resmi sudah mendapatkan Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) bernomor 8378:2017 tentang  Spesifikasi Lapis Pondasi dan Lapis Pondasi Bawah Menggunakan Slag. Dan sekarang, slag  bukan termasuk golongan limbah B3.

Hal itu menjadi kesepakatan bersama antara Pemkot Cilegon dan PT Krakatau Posco dalam  pemanfaatan limbah padat untuk dimanfaatkan  dalam pembangunan infrastruktur kontruksi jalan yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) di wilayah Cilegon.

Direktur Produksi PT Krakatau Posco  Lee Sang Ho menjelaskan, slag yang dihasilkan dari pabrik baja patungan Koresa Selatan dan PT Krakatau Steel ini  dapat di gunakan serta di manfaatkan untuk berbagai kegunaan  dalam bidang infrastruktur, pertanian, kelautan, dan perikanan serta dapat di gunakan untuk sumber daya air.

“ Kerjasama yang di lakukan ini  bertujuan untuk menjadikan pemerintah kota dengan PT. Kraktau Posco lebih bersinergi terutama dalm hal pembangunan yang ada di kota Cilegon.Dan  kesepakatan bersama ini merupakan salah satu wujud sinergi antara Pemkot Kota Cilegon dengan Krakatau posco ” ujar Lee Sang Ho, usai penandatanganan kesepakatan di ruang rapat Wali Kota Cilegon, Kamis (16/7/2020).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Cilegon Edi Ariadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Krakatau Posco yang telah melakukan daur ulang steel slag menjadi  agregat slag berkualitas yang dapat di manfaatkan untuk pembangunan infrastruktur kota.

” Saya berharap dengan di tanda tangani kesepakatan ini t memberikan kontribusi positif yang mendorong industri lain agar memperhatikan kelestarian lingkungan dan pembangunan kelanjutan terutama hal yang dapat di rasakan oleh masyarakat Kota Cilegon, ” kata Edi.(ps)

 

 

Check Also

Pidato Pertama Helldy Agustian:Pemkot Cilegon Melayani,Bukan Dilayani

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta, sah dilantik  sebagai Wali Kota  dan Wakil Wali Kota Cilegon …

603 Personel Gabungan Amankan Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon,Ini Fokus Pengamanan

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Sebanyak 603 personel gabungan disiagakan dalam rangka pengamanan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *