Home / Politik / Facebook Bakal Buat Fitur Biaya Iklan Politik dalam Pilkada 2020,Bawaslu Dapat Akses Pemantauan
Jejaring sosial Facebook menjadi media efektif dalam memperkenalkan pasangan calon (paslon) pada Pilkada 2020.foto:poesaputra-wongbanten.id

Facebook Bakal Buat Fitur Biaya Iklan Politik dalam Pilkada 2020,Bawaslu Dapat Akses Pemantauan

WONGBANTEN.ID,JAKARTA- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)   bakal menggandeng platform digital Facebook Indonesia untuk melakukan pengawasan iklan politik dan dana kampanye. Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menyatakan Facebook akan membuat fitur baru berisi biaya iklan politik dalam Pilkada Serentak 2020.

Menurutnya, hal ini menjadi langkah bantuan pengawasan secara online atau dalam jaringan (daring), utamanya saat tahapan kampanye pasangan calon (paslon). Bantuan dari Facebook Indonesia ini, lanjut Fritz, bisa mempermudah juga langkah Bawaslu dalam menangani pelanggaran di media sosial.

“Saya berterimakasih kepada Facebook Indonesia yang berkenan membuka fitur baru untuk melakukan fungsi pengawasan bersama Bawaslu,” ucapnya dalam diskusi daring Bawaslu dan Facebook Indonesia tentang Pengawasan Iklan Kampanye dan Dana Kampanye di Facebook, Senin (10/8/2020) seperti dikutip dari laman resmi bawaslu.go.id.

Baca:Iklan Politik Calon Kepala Daerah di Facebook Akan Dikenai Biaya

Dia menjelaskan, Facebook Indonesia membuka fitur tambahan yaitu iklan politik. Fritz juga  menambahkan nantinya Bawaslu bisa melihat transparansi data terkait penggunaan biaya iklan, konten dan sumber pendanaan iklan pada flatporm jejaring sosial  terbesar tersebut.

“Jadi kita bisa tahu berapa biaya siapa yang membayar (iklan), sehingga saat mengawasi kita bisa melihat iklan ini sesuai dengan aturan atau tidak,” ucap Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi Bawaslu ini.

Paslon Harus Verifikasi

Manajer Mitra Pemerintah Facebook Indonesia Putu Swaditya Yudha menyatakan walau pasangan calon (paslon) bisa beriklan secara terbuka, namun harus ada verifikasi yang jelas terkait pengelola iklan tersebut. Dia menjelaskan, nantinya Bawaslu bisa memantau pergerakan iklan paslon dari fitur pustaka iklan tersebut.

“Nanti iklan ini bisa diawasi dari perangkat seluler atau desktop. Ini langkah baik Bawaslu bisa mengawasi secara komperhensif laporan lengkap terkait iklan dan dana yang telah dikeluarkan,” tuturnya.(ps)

Check Also

Trans Studio Mini Cilegon Diizinkan Kembali Beroperasi, Manajemen Terapkan Protokol Khusus

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Cilegon memgizinkan Trans Studio Mini di Transmart Cilegon beroperasi …

Pelantikan Maju Mundur, Akhirnya Gubernur Banten Lantik Helldy-Sanuji Jumat

WONGBANTEN.ID,SERANG-Sedianya Gubernur Banten akan melantik  Bupati/Wakil Bupati Serang dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Cilegon Terpilih, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *