Home / Banten / Bebas T Castaneum, 494 Ton Dedak Gandum Asal Banten Diekspor ke Tiongkok
Petugas BKP Cilegon memeriksa dedak gandum yang akan di ekspor ke Tiongkok. Foto:BKP Cilegon

Bebas T Castaneum, 494 Ton Dedak Gandum Asal Banten Diekspor ke Tiongkok

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (BKP) melakukan sertifikasi  sebanyak 494 ton dedak gandum atau senilai Rp 7 miliar yang akan di ekspor ke Tiongkok.

“Kami mengintruksikan kepada Pejabat Karantina Pertanian Cilegon agar memperketat permeriksaan untuk mengetahui tidak ada T. castaneum atau serangga hidup lainnya melalui pemeriksaan laboratorium yang dilengkapi sarana yang modern dan canggih, serta pemeriksaan di lapang pada Instalasi Karantina Tumbuhan,” ungkap Kepala Karantina Pertanian Cilegon Arum Kusnila Dewi, Senin (31/8/2020).

Tribolium castaneum, merupakan hama sekunder yang menyerang komoditas pertanian, seperti dedak gandum di gudang penyimpanan. Keberadaan hama ini pada komoditas pertanian yang disimpan dapat menurunkan kualitas sekaligus kuantitasnya.

Dijelaskan Arum, T. castaneum sangat cocok hidup pada daerah beriklim tropis. Suhu optimum perkembangbiakan 30°C dan dapat hidup selama 7 – 12 minggu. Serangga dewasa berwarna merah kecoklatan berukuran 3-4 mm. Serangga betina mampu menghasilkan 300-400 butir dalam satu siklus bertelur. Sedangkan selama masa hidupnya dapat menghasilkan telur sampai dengan 3000 butir. Telur menetas menjadi larva membutuhkan waktu 3 – 12 hari.

Sementara itu, Kurnia koordinator fungsional Karantina Tumbuhan menegaskan, apabila petugas dilapangan menemukan T. castaneum (hidup) ataupun serangga hidup lainnya saat pemeriksaan ekspor maka wajib dilakukan fumigasi.

Fumigasi itu sendiri merupakan tidakan perlakuan dengan menggunakan fumigan di dalam ruang kedap udara, pada konsentrasi tertentu dan suhu tertentu akan membunuh serangga.

Dari pemeriksaan, petugas tidak menemukan hama sekunder maka Karantina Pertanian memberikan sertifikat bebas hama un tuk dedak gandum  yang akan  dikirim ke Tiongkok. (nrl.)

Check Also

Tenaga Perawat Harus Cerdas Pahami Karakteristik Virus Covid-19

WONGBANTEN.ID,JAKARTA-Tenaga perawat dan sumber daya masyarakat (SDM) kesehatan lainnya memiliki risiko 3 kali lipat lebih …

Wali Kota Cilegon:Penerbitan Dokumen Penduduk Non Permanen Bukti Pengakuan Pemkot Cilegon kepada Penduduk Pendatang

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Wali Kota Cilegon  Helldy Agustian berharap, seluruh petugas kependudukan untuk mendata dengan baik seluruh warga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *