Home / Banten / Waspada, Sepekan ke Depan Banten Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir
Ilustrasi-poesaputra

Waspada, Sepekan ke Depan Banten Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

WONGBANTEN.ID,JAKARTA-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kewaspadaan terhadap hujan dengan intensitas tinggi perlu terus ditingkatkan.Sebelumnya , BMKG telah  merilis  Peringatan Kewaspadaan Selama Pancaroba menjelang masuknya musim hujan 2020/2021.

Dalam rilis yang dikutip wongbanten.id dari laman https://www.bmkg.go.id/, Sabtu (26/9/2020) BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020.Diperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir bulan Oktober-Nopember 2020.

Selama bulan September-Oktober ini, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, dimana kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat.

Pada masa peralihan musim ini, perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es.

BMKG memprediksikan dalam periode sepekan ke depan, hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di wilayah sebagai berikut:

Periode 22-24 September 2020

Aceh,Sumatera Utara,Sumatera Barat,Riau,Jambi,Sumatera Selatan,Lampung,Jawa Barat, Jawa Tengah,Jawa Timur,Kalimantan Barat,Kalimantan Tengah,Kalimantan Timur,Kalimantan Selatan,Kalimantan Utara,Sulawesi Utara,Gorontalo,Sulawesi Tengah,Sulawesi Barat,Sulawesi Selatan,Maluku,Maluku Utara,Papua Barat, dan Papua.

Periode 25-28 September 2020

Aceh,Sumatera Utara,Sumatera Barat,Riau,Jambi,Sumatera Selatan,Bengkulu,Kep. Bangka Belitung, ampung,Banten,Jawa Barat,Jawa Tengah,Kalimantan Barat,Kalimantan Tengah,Kalimantan Timur,Kalimantan Utara,Sulawesi Utara,Gorontalo,Sulawesi Tengah,Sulawesi Barat,Sulawesi Selatan,Sulawesi Tenggara,Maluku,Maluku Utara,Papua Barat, dan Papua.

BMKG meminta masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll.) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.(ps)

 

Check Also

Waspadai Penyeludupan Narkotika di Tengah Arus Mudik, BNNK Cilegon Gelar Operasi P4GN

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Antisipasi  para pelaku penyeludup narkotika dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya yang  memanfaatkan situasi arus …

Kisah Perjuangan Handayani, Guru Tunadaksa asal Temuputih

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Lahir dari keluarga tidak mampu dengan keterbatasan fisik dan motorik yang dimilikinya, tak menjadikan gadis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *