Home / Lingkungan / Peringati Hari Pahlawan FPTK Banten Lakukan Rehabilitasi Terumbu Karang Pulau Liwungan
Penyelam menanam karang buatan di perairan Pulau Liwun gan.Foto:FPTK Ban ten

Peringati Hari Pahlawan FPTK Banten Lakukan Rehabilitasi Terumbu Karang Pulau Liwungan

WONGBANTEN.ID,PANDEGLANG.-Memperingati Hari Pahlawan, Forum Pelestari  Terumbu Karang  (F-PTK) Provinsi Banten akan melakukan gerakan rehabilitasi terumbu karang (GRTK)  tahap II di perairan Pulau Liwungan, Kampung Cipanon, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Menurut koordinator F-PTK Banten, Nurwarta Wiguna di sela-sela persiapan di Kampoeng Nelayan Cottage & Restro, Minggu (8/11/2020) menjelaskan, pelaksanaan rehabilitasi dengan penanaman terumbu karang akan dilakukan tanggal 10 November 2020, bertepatan dengan Hari Pahlawan.2020.

“Konfirmasi dari Ketua Perkumpulan Urang Banten Kabupaten Pandeglang, acara nanti akan dihadiri mantan Menteri Pertanian, Dr. Ir. Anton Apriyantono yang juga Wakil Ketua Bidang Pertanian dan Lingkungan Hidup di Perkumpulan Urang Banten,” katanya.

Ditambahkan Nurwata, kehadiran Anton Apriyantono di GRTK II Liwungan diharapkan dapat menambah semangat F-PTK Banten yang beranggotakan multi-komunitas tersebut untuk melaksanakan pelestarian biota laut yang saat ini tingkat kerusakannya makin serius.

“F-PTK Banten sudah menyiapkan roadmap GRTK agar berjalan secara berkelanjutan atau sustainable. Roadmap GRTK Panca Warsa I yakni periode 2021-2025 ditujukan untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Tanjung Lesung. Kami sudah menyiapkan 4 program yakni Rehabilitasi, Edukasi, Pengembangan SDM & Kelembagaan dan Pelayanan Masyarakat,” paparnya.

Dari keempat program tersebut, lanjut Nurwarta, kegiatan dalam waktu dekat ini, F-PTK Banten akan mendukung peluncuran Rhino Dive Center Kerjasama antara Tanjung Lesung Resort dan Yayasan Konservasi Selat Sunda (YKSS).

“Roadmap GRTK Panca Warsa I-2021-2025, akan dijadikan komitmen bersama dengan nama Piagam Badul-Liwungan yang nantinya akan menjadi Aksi F-PTK Banten Bersama dengan lintas stakeholders selama 5 tahun ke depan,” ungkapnya.(ps)

Check Also

Wali Kota Targetkan dalam 100 Hari Cilegon Masuk Zona Hijau Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON- Sejak  kemarin, sebagian besar kabupaten dan kota di Provinsi Banten sudah memasuki zona kuning …

Kantor di Lingkungan Pemkot Cilegon Belum Penuhi Standar Sarpras Proteksi Kebakaran

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian  mengeluarkan surat instruksi kepada gubernur, bupati dan wali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *