Home / Banten / Sindikat Pembuat Madu Palsu Baduy Rusak Komunitas Adat Kanekes
Pemerhati Komunitas Adat Kanekes (Baduy) Uday Suhada.(tengah).Foto:ist

Sindikat Pembuat Madu Palsu Baduy Rusak Komunitas Adat Kanekes

WONGBANTEN.ID, SERANG-Pengungkapan praktik produksi dan pengedaran madu Baduy palsu oleh Ditreskrimsus Polda Banten diapresiasi pemerhati Komunitas Adat Kanekes (Baduy) Uday Suhada.

Pria yang biasa dipanggil Kang Uday itu menegaskan, tindakan para tersangka pelaku pembuat madu palsu itu telah mengeksploitasi komunitas Baduy untu menangguk keuntungan pribadi.

“Perbuatan mereka ini jelas telah mencoreng nama baik (citra) Baduy dan merupakan perbuatan penipuan terhadap konsumen yang telah membeli madu itu. Selain itu para pelaku sadar atau tidak telah  mengancam kesehatan masyarakat di berbagai pelosok tanah air,” tegasnya, Selasa (10/11/2020.)

Baca:Polda Banten Bongkar Sindikat Pembuat Madu Baduy Palsu

Sebagai orang yang selama ini turut menghormati dan mencintai Baduy, Uday merasa perlu menyampaikan bahwa citra atau image  masyarakat Baduy yang terkenal jujur, mengedepankan kesederhanaan, memuliakan kehidupan, justru dimanfaatkan oleh sekelompok orang tak bertanggung jawab  untuk kepentingan bisnisnya, tanpa memikirkan keselamatan jiwa konsumen.

Diungkapkannya, dari  hasil investigasi yang cukup panjang, ditemukan berbagai fakta dan data yang menunjukkan adanya produksi dan peredaran madu palsu dengan membawa nama Komunitas Adat Baduy itu.

“ Mengenai alat bukti dalam perkara ini tentu pihak Polda Banten sudah mengantonginya,” jelas penggiat anti korupsi itu.

Upaya licik dilakukan sindikat pemalsu madu, supaya konsumen percaya cairan berbentuk mirip madu yang diproduksi di pabriknya itu asli madu baduy, mereka kemas kedalam botol kaca yang dibalut dengan pelepah pisang (agar terkesan alami) tanpa keterangan apapun (perijinan dari BPOM, sertifikat halal, perijinan dari kementerian kesehatan dan semacamnya).

“Distribusi atau penjualan mereka memanfaatkan generasi muda Baduy yang sudah akrab dengan android.Kemudian anak-anak muda Baduy itu menjualnya, baik secara langsung maupun online dengan memanfaatkan media social,” terang Uday.

Baca:CV Yatim Berkah Makmur Mampu Produksi Madu Baduy Palsu 1 Ton Per Hari

Warga Baduy Dikorbankan

Uday meminta Polda Banten untuk menegakkan hokum seadil-adilnya, baik terhadap pelaku utama atau pemilik pabrik madu palsu dan para pendedar lainnya.

“Dalam hal ini, warga Baduy lah yang menjadi  dikorbankan,” tegasnya.

Dia pun menghimbau masyarakat Indonesia untuk lebih berhati-hati dalam membeli madu yang mengatas namakan Baduy. Menurutnya,  madu asli dari Baduy sangat terbatas.

“Kami juga menghimbau para penjual madu palsu atas nama Baduy tanpa legalitas di berbagai daerah di tanah air, untuk menghentikan aktifitas bisnisnya. Sebab hal ini sangat membahayakan kesehatan manusia,” imbaunya.

Sebagai pemerhati Komunitas Adat Kanekes, Uday menyatakan dalam persoalan ini hanya ingin menjaga marwah Baduy dari eksploitasi dan menyelamatkan kesehatan konsumen madu di berbagai pelosok tanah air.

“Hanya sekedar untuk memanusiakan manusia dan memuliakan kehidupan,” tutupnya.(ps)

 

Check Also

CV Yatim Berkah Makmur Mampu Produksi Madu Baduy Palsu 1 Ton Per Hari

WONGBANTEN.ID,SERANG- CV. Yatim Berkah Makmur , pabrik pembuat madu Baduy palsu di kawasan Joglo Kembangan, …

Polda Banten Bongkar Sindikat Pembuat Madu Baduy Palsu

WONGBANTEN.ID,SERANG – Jajajaran Ditreskrimsus  Polda Banten membongkar jaringan pembuat dan penjual  madu Baduy palsu.Tiga orang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *