Home / Politik / Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 Cilegon Tertinggi di Banten
KPU Cilegon menggelar Diseminasi Pilkada 2020 bersama jurnalis.Foto:poesaputra-wongbanten.id

Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 Cilegon Tertinggi di Banten

WONGBANTEN.ID,CILEGON- Keikutsertaan   pemilih pada Pilkada Kota Cilegon 2020 paling tinggi  di Provinsi Banten.Partisipasi masyarakat  mencapai 76.42 persen, melebihi  tingkat partisipasi pemilih di Banten yang telah ditetapkan KPU Banten yaitu 75 persen.

“Kendati  tidak memenuhi tingkat partisipasi pemilih yang ditetapkan KPU RI, yaitu sekitar 77 persen, namun capaian ini merupakan hal yang luar biasa.Dimana pilkada dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19,” ujar  Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi, Jumat kemarin,dalam diskusi Diseminasi Pilkada 2020 dengan para wartawan media cetak, elektronik dan media on line.

Ditambahkannya, delapan kecamatan di Kota Cilegon pada pemilihan wali kota dan wakil wali kota target partisipasi pemilihnya sebesar 75 persen.Namun, hanya tiga kecamatan yang tidak terpenuhi targetnya.

Kecamatan  Cibeber  pencapaian tingkat partisipasi pemilih 74 persen, Kecamatan Cilegon 70.92 persen dan yang paling rendah Kecamatan Jombang  69.06 persen.

“Lima kecamatan lainnya, realisasi  tingkat partisipasi pemilih semuanya melebihi  target partisipasi yang telah ditetapkan,” jelas Irfan Alfi.

Peningkatan kualitas demokrasi

Meningkatkan kualitas berdemokrasi merupakan target diseminasi KPU Kota Cilegon, terutama dalam menginformasikan berbagai proses dan tahapan pilkada.Sebab, masyarakat memiliki kebutuhan akan  informasi.

“Diseminasi bersama bersama para wartawan, kami (KPU-red) ingin mendengar dan memperoleh beragam informasi baik dalam tahapan maupun proses penghitungan dan rekapitulasi suara,” jelas  Komisioner Divisi Data dan Informasi, Mulya Mansur.

Nantinya, lanjut Mulya hal tersebut akan dijadikan bahan evaluasi dalam penyelenggaraan Pilkada Cilegon ke depan, sehingga kualitas masyarakat berdemokrasi meningkat.

Selain ancaman pandemi virus corona, muncul kekhawatiran potensi kerawanan pada   Pilkada Cilegon 2020.

“Alhamdulilah, secara keseluruhan  dalam pelaksanaannya pilkada berjalan dengan tertib, aman dalam suasana yang kondusif.Ini berkat kerjasama semua para pemangku kepentingan, diantaranya peran jurnalis dan media yang telah menjalankan fungsi dan perannya dalam memberikan informasi tentang Pilkada Cilegon 2020,” tutupnya.(ps)

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *