Home / Lingkungan / Waspada! Empat Kecamatan di Cilegon Rawan Longsor
Bencana longsor di wilayah Cilegon.Foto:BPBD Cilegon

Waspada! Empat Kecamatan di Cilegon Rawan Longsor

WONGBANTEN.ID,CILEGON- Longsor atau sering disebut gerakan tanah, merupakan   peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis. Seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu.

Faktor pendorong yaitu faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh.

Dari beberapa literatur, penyebab longsor diantaranya tingginya curah hujan, lereng yang terjal, kondisi tanah kurang padat dan tebal, terjadinya pengikisan lapisan tanah, berkurangnya atau tidak adanya tutupan vegetasi.

Dikutip wongbanten.id dari laman resmi  vsi.esdm.go.id, Selasa (19/1/2021), Pusat Vulkanologi  dan Mitigasi Bencana Geologi  (PVMBG) merilis Prakiraan Wilayah Potensi Tejadi Gerakan Tanah Per-Kabupaten dan Kota Pada Bulan Januari 2021 di Provinsi Banten.

 

Foto:PVMBG

Dalam Tabel wilayah potensi gerakan tanah di Provinsi Banten bulan Januari 2021, 4 dari 8 kecamatan di Kota Cilegon,  ternyata wilayahnya memiliki potensi gerakan tanah atau longsor menengah sampai menengah tinggi.

Apa itu daerah menengah? yaitu daerah yang mempunyai potensi menengah untuk terjadi gerakan tanah. Pada zona ini, dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Daerah tinggi yaitu daerah yang mempunyai potensi tinggi untuk terjadi gerakan tanah. Pada zona

ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali

Waspada 4 kecamatan

Kecamatan  Ciwandan masuk dalam potensi gerakan tanah menengah-tinggi

Kecamatan Grogol  masuk dalam potensi gerakan tanah menengah

Kecamatan Pulomerak masuk dalam potensi gerakan tanah menengah

Kecamatan Purwakarta masuk dalam potensi gerakan tanah menengah.(ps)

 

Check Also

Tenaga Perawat Harus Cerdas Pahami Karakteristik Virus Covid-19

WONGBANTEN.ID,JAKARTA-Tenaga perawat dan sumber daya masyarakat (SDM) kesehatan lainnya memiliki risiko 3 kali lipat lebih …

Wali Kota Cilegon:Penerbitan Dokumen Penduduk Non Permanen Bukti Pengakuan Pemkot Cilegon kepada Penduduk Pendatang

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Wali Kota Cilegon  Helldy Agustian berharap, seluruh petugas kependudukan untuk mendata dengan baik seluruh warga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *