Home / Lingkungan / Warga dan Pedagang Masih Buang Sampah di Kali Pasar Kranggot, Begini Kondisinya
Sampah rumah tangga dan sampah sisa pasar seperti bekas botol kemasan, styrofoam box, karung, dan sisa sampah pasar lainnya berserakan dan terlihat seperti “dataran baru” di permukaan kali yang melintasi bagian belakang Pasar Kranggot.Air kali pun berwarna hitam dan mengeluarkan bau busuk yang menusuk hidung.Foto:poesaputra-wongbanten.id

Warga dan Pedagang Masih Buang Sampah di Kali Pasar Kranggot, Begini Kondisinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Kesadaran masyarakat dan para pedagang di Pasar Baru Kranggot, dalam membuang sampah masih rendah.Hal ini terbukti,  dengan menumpuknya sampah di sepanjang permukaan kali yang sebenarnya merupakan  saluran irigasi milik sumber daya air (SDA)  yang melintasi belakang pasar.

Sampah rumah tangga dan  sampah sisa pasar seperti  bekas botol kemasan, styrofoam box, karung, dan sisa sampah pasar lainnya berserakan dan terlihat seperti “dataran baru” di permukaan kali.Air kali pun berwarna hitam dan mengeluarkan bau busuk yang menusuk hidung.

Berkali-kali petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon melakukan pengerukan sampah dari kali tersebut.Namun, masyarakat dan pedagang pasar tidak peduli, mereka tetap menjadikan kali tersebut sebagai tempat untuk membuang sampah.

“Penyebab menumpuknya sampah di kali ini akibat kurangnya kesadaran masyarakat  dan pedagang dalam hal menjaga kebersihan lingkungan. Terutama soal membuang sampah sembarang ke sungai,” tegas Penjabat Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin yang mengawasi pengerukan kali, Jumat (29/1/2021).

Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon melakukan pengerukan sampah dari kali Pasar Kranggot.Foto:poesaputra-wongbanten.id

Ditegaskan dia, melihat kondisi seperti itu, pemerintah daerah melalui DLH akan melakukan pemantauan dan mengeruk sampah dari kali supaya aliran airnya lancar.

Puluhan petugas kebersihan diterjunkan dalam pengerukan sampah dari kali.Sampang yang menutupi sungai  dikeruk menggunakan backhoe dan langsung diangkut menggunakan armada truk sampah ke tempat pembuangan sampah akhir (TPSA) di Cikerai.(ps)

Check Also

Cegah Penyebaran Covid-19,Polres Cilegon Terapkan Protokol Kesehatan

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Kota Cilegon saat ini masuk kategori penyebaran virus corona  sedang atau zona oranye. Di …

Awas, Akun Palsu di Facebook Catut Nama Wakil Wali Kota Cilegon

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Sebuah akun palsu di Facebook mengaku sebagai Sanuji Pentamarta, Wakil Wali Kota Cilegon. Foto kolase …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *