Home / Banten / Seorang Nakes di Cilegon Dikabarkan Positif Usai Divaksin Covid-19?
Ilustrasi-net

Seorang Nakes di Cilegon Dikabarkan Positif Usai Divaksin Covid-19?

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Seorang tenaga kesehatan (nakes) di salah satu Puskesmas di Cilegon, dikabarkan positif Covid-19 usai disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama.Berdasarkan informasi yang diperoleh wongbanten.id, pada tanggal 25 Januari 2021 nakes perempuan itu disuntik vaksin Covid-19.Sebelum disuntik kondisinya sehat, setelah sebelumnya dia  menderita sakit flu.

Sehari usai divaksin Covid-19, nakes tersebut menjalani rapid antigen dan hasilnya non reaktif, lalu sore harinya dirinya melakukan tes swab.Hasil tes swab keluar pada hari Kamis, dan nakes ternyata positif Covid-19.

Lantas bagaimana tanggapan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon ?

Menurut salah seorang anggota Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon, kepada wongbanten.id, Selasa (2/2/2021) membenarkan adanya seorang nakes positif terpapar  virus corona.

Dari hasil penelusuran, ternyata sebelum di suntik vaksin Covid-19 dosis pertama, nakes tersebut menjalani rapid test dan hasilnya negatif.

“Lalu dilakukan vaksin Covid-19, usai disuntik vaksin seiring berjalannya waktu rapid ini menjadi samar.Dilakukan lagi rapid dengan alat yang lain hasilnya positif,” jelas dia.

Ditambahkannya, dimungkinkan nakes tersebut memang sudah terkonfirmasi positif sebelum di vaksin.

Yang sangat disayangkan, ternyata nakes itu tidak jujur sebab seminggu sebelumnya dia mengalami flu. Dan saat screening lanjutnya, nakes berjenis kelamin perempuan itu tidak memberitahukan kepada petugas bahwa dia menderita flu.

Secara logika suntik vaksin Covid-19 itu masuk dalam darah..Sementara pemeriksaan tes usap atau swab adalah rongga hidung atau tenggorokan.

Perlu kejujuran

Berkaca dari kasus tersebut, perlu kejujuran dari semua pihak, baik masyarakat, nakes  serta siapapun yang akan mendapat suntikan vaksin Covid-19 kepada petugas screening.Tujuan screening dilakukan untuk memastikan fisik penerima vaksin.

“Sampaikan bila penerima vaksin sedang menjalani pengobatan, minum obat, riwayat penyakit kepada petugas,” imbau anggota Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon itu.

Saat ini nakes tersebut menjalani isolasi mandiri dan mendapat pengawasan ketat dari Puskesmas setempat.(ps)

Check Also

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Gubernur WH : Kota Serang Etalase dan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berharap Kota Serang tumbuh menjadi etalase dan Pusat Pemerintahan Provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *