Home / Banten / 1×24 Jam,Polsek Ciwandan Ungkap Kasus Maling 4 Ekor Kerbau
Kepada awak media, Kapolsek Ciwandan AKP Ali Rahman memperlihatkan kerbau yang dicuri oleh tersangka MH.Foto:poesaputra-wongbanten.id

1×24 Jam,Polsek Ciwandan Ungkap Kasus Maling 4 Ekor Kerbau

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hanya dalam 1×24 jam, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polsek Ciwandan berhasil mengungkap kasus maling kerbau milik warga yang digembalakan di lahan terbuka milik perusahaan galian pasir dan batu PT Batu Buana Makmur Indonesia (BBMI).

Polisi menangkap tersangka pelaku berinisial MH di Kampung Cijango, RT 001 RW 007, Desa Mekarsari, Kecamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang, pada Minggu 17 Januari 2021.

“Warga yang kehilangan kerbau peliharaannya melapor ke polsek pada hari Sabtu (16/1/).Kami tindak lanjuti  dengan melakukan penyelidikan dan pengumpulan informasi, Alhamdulilah anggota reskrim berhasil menangkap tersangka pelaku di  daerah Sobang, Kabupaten Pandeglang,” ujar Kapolsek Ciwandan AKP Ali Rahman,  kepada wartawan saat jumpa pers di Mapolsek Ciwandan, Rabu (3/2/2021).

Selain menangkap MH, polisi juga menyita barang bukti  hasil kejahatan tersangka yaitu dua ekor kerbau jantan dan satu ekor kerbau betina. Satu unit truk A 9467 PA yang digunakan pelaku untuk mengangkut kerbau curian, sebilah golok yang dipakai untuk menjagal kerbau, sebatang kayu, satu gulung tambang, rekaman CCTV.

“Anggota bisa menangkap tersangka,setelah mendalami rekaman CCTV dari PT BBMI yang merekam  sebuah truk mengangkut empat  ekor kerbau keluar dari area tersebut.Dari penyelidikan akhirnya diketahui pemilik truk tersebut tinggal di Sobang,Pandeglang ,” jelas Ali Rahman.

Curi Kerbau Untuk  Beli Mobil

Menurut AKP Ali Rahman, dari pengakuan sementara tersangka MH kerbau hasil curiannya itu akan dia jual.Uang hasil penjualannya tersebut,  rencana akan dia belikan mobil bak terbuka.

“Namun belum sempat menjual kerbau hasil curiannya, tersangka sudah kami tangkap,” jelas mantan Kasatlantas Polres Cilegon itu.

Awalnya, pada hari Rabu (13/1) kepada seseorang berinisial H.Mad di Pandeglang, pelaku menawarkan akan menjual kerbau miliknya sebanyak 8 ekor. H.Mad pun  menanyakan apakah  8 ekor kerbau yang ditawarkan kepadanya itu disertai surat kepemilikan ternak (kerbau-red) yang dikeluarkan oleh desa.

“Seolah benar memilik kerbau, tersangka dengan menggunakan truk lalu mendatangi rumah H.Mad dan meminta dicarikan tiga orang yang akan dibawa ke Cilegon untuk menangkap kerbau yang diakui miliknya,” jelas Ali Rahman.

Numan, warga Linggarjati,Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan.Seekor kerbau miliknya hilang dicuri.Foto:poesaputra-wongbanten.id

Ternyata, sampai di Cilegon,  mereka mendatangi  lahan terbuka milik perusahaan galian pasir dan batu PT BBMI, tempat warga setempat biasa menggembalakan kerbaunya. Kepada ketiga orang, MH menunjuk 4 ekor kerbau yang diakui miliknya untuk dimasukan ke dalam truk.

“Saat itu ada anak kerbau terlilit tambang mau mati, saya suruh salah seorang yang bantu untuk menyembelih anak kerbau itu,” jelas tersangka.

Ditambahkan tersangka, dirinya menawarkan  semua  kerbau hasil curian itu  kepada H.Mad Rp.30 juta.

“Akhirnya penjualan kerbau ngak jadi, karena harganya kemahalan dan kerbau tidak ada suratnya,” kata MH sambil tertunduk.

Tersangka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara maksimal tujuh tahun. Polisi pun terus melakukan pengembangan terhadap kasus pencurian kerbau yang sering terjadi di wilayah Ciwandan, apakah ada kaitannya dengan tersangka.

Mobil pick up tak terbeli, malah MH kini harus  seperti kerbau dikandangin di sel tahanan Mapolsek Ciwandan.(ps)

 

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *