Home / Nusantara / PPKM Mikro,Upaya Pemerintah Atasi Pandemi Sekecil-kecilnya dan Mitigasi COVID-19 yang Berkelanjutan
Juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito menyampaikan perkembangan terkini di Indonesia melalui International Press Briefing.Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

PPKM Mikro,Upaya Pemerintah Atasi Pandemi Sekecil-kecilnya dan Mitigasi COVID-19 yang Berkelanjutan

WONGBANTEN.ID,JAKARTA – Satgas COVID-19 kembali menginformasikan kepada masyarakat dunia tentang perkembangan pandemi COVID-19 di Indonesia. Juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito menyampaikan perkembangan terkini di Indonesia melalui International Press Briefing.

Dilansir wongbanten.id dari laman resmi https://covid19.go.id/, dalam mengatasi pandemi, upaya pemerintah adalah mengutamakan pendekatan dan pendekatan berbasis bukti melalui perubahan perilaku berbasis budaya. Selain itu, berinisiatif untuk melakukan intervensi dengan cara yang unik dan inovatif, seperti melaksanakan Kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro (PPKM Mikro).

“Yang (PPKM Mikro) adalah dengan memberdayakan aparatur pemerintah yang ada. Seperti TNI, Polri, dan pemerintah daerah di tingkat desa. Bersama seluruh lapisan masyarakat termasuk masyarakat dan tokoh agama, ”jelas Wiku nya dalam International Press Briefing, di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (11/2/2021) yang disiarkan oleh Channel YouTube Sekretariat Presiden.

Pada prinsipnya langkah-langkah tersebut menyasar wilayah terkecil dalam masyarakat yaitu tingkat rukun tetangga (RT) dan masyarakat (RW). Pendekatan mikro ini diharapkan dapat memberikan hasil yang efektif dalam menangani pandemi di tingkat RT dan RW secara terstruktur dan komprehensif. Dengan memastikan kolaborasi di semua lapisan masyarakat, terutama di tingkat akar rumput.

“Presiden Joko Widodo telah memastikan komitmen dan partisipasi seluruh kementerian / lembaga, pimpinan daerah, Satgas COVID-19 di masing-masing daerah. Berkoordinasi satu sama lain agar upaya penanganan di level terkecil ini berjalan efektif,” lanjutnya.

Dengan pengalaman penanganan pandemi yang dimulai pada tahun 2020, pemerintah terus bergerak maju dalam menangani pandemi di Indonesia. Sehingga pada tahun 2021, pemerintah akan terus melakukan upaya penanganan dengan menggunakan senjata baru yaitu pemberian vaksin kepada masyarakat. Yang bisa melahirkan harapan baru dan segera mengakhiri pandemi.

Namun perlu dipahami bahwa perjuangan melawan pandemi COVID-19 merupakan perjuangan yang panjang. Dan pemerintah terus berupaya mengendalikan laju penularan kasus di dalam negeri. Selain itu, mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk mencegah penularan virus di masyarakat.

“Kami juga fokus pada perawatan pasien sehingga dapat mencegah bertambahnya korban jiwa akibat virus COVID-19. Dan yang tidak kalah penting, pemerintah juga fokus pada pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19. Serta menyiapkan masyarakat. untuk menjalani kehidupan pasca pandemi, “kata Wiku.(ps/rls)

Check Also

Penuhi Persediaan Jelang Lebaran, PMI Kota Cilegon Ajak Warga “Sedekah” Darah

WONGBANTEN.ID,CILEGON- Untuk memenuhi  kebutuhan dan menjaga persediaan darah yang aman  menjelang Hari Raya Idul Fitri …

Pandeglang Raih WTP 5 Kali Berturut-turut, Irna :Ini Hasil Kerja Semua

WONGBANTEN.ID,SERANG- Bupati Pandeglang Irna Narulita menyatakan, opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *