Home / Banten / 603 Personel Gabungan Amankan Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon,Ini Fokus Pengamanan
Sebanyak 603 personel gabungan disiagakan dalam rangka pengamanan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon terpilih Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta pada Jumat, (26/2/2021) besok.Foto:poesaputra-wongbanten.id

603 Personel Gabungan Amankan Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon,Ini Fokus Pengamanan

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Sebanyak 603 personel gabungan disiagakan dalam rangka pengamanan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon terpilih Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta pada Jumat, (26/2/2021) besok.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, kepada portal berita online wongbanten.id, usai melakukajn operasi cipta kondisi di Mapolres Cilegon, Kamis (25/2/2021).

“Operasi cipta kondisi sudah kami lakukan sejak hari Senin hingga hari ini (Kamis-red), dan kami juga sudah melakukan gladi pengamanan untuk pengamanan kepala daerah terpilih dengan melakukan plotting atau penempatan pasukan yang akan diterjunkan di titik-titik yang akan diamankan.” jelas Sigit.

Dijelaskan mantan Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Metro Jaya itu, personel gabungan yang diterjunkan dalam pengamanan nanti  berasal dari  TNI, Polri, BKO Polda Banten, Satpol PP dan Dishub Kota Cilegon.

“Untuk personel dari Polres Cilegon dan anggota BKO Polda Banten sendiri jumlahnya 450 personel,” jelas Sigit.

Menurutnya, operasi cipta kondisi ini tentunya harus diciptakan, jadi tidak mungkin situasi dan kondisi bisa kondusif dan terwujud dengan sendirinya.Artinya tambah dia, diciptakan dengan cara  pendekatan dengan para pemangku kepentingan serta elemen masyarakat lainnya seperti pendekatan kepada tokoh agama, ulama,  tokoh adat,  tokoh pemuda, elemen mahasiswa dan elemen lainnya  yang ada di Kota Cilegon.Dengan demikian jalannya pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon terpilih berjalan dengan aman dan tertib.

Titik Pengamanan

AKBP Sigit Haryono menuturkan, usai dilantik di Pendopo Gubernur Banten Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon menuju rumah dinas Wali Kota Cilegon di Jalan Ahmad Yani.Ditempat tersebut ada beberapa kegiatan seperti ramah tamah, konferensi pers, makan siang dan usai shalat Jumat dilanjutkan siangnya menuju ke gedung DPRD Kota Cilegon.

“ Rumah dinas Wali Kota Cilegon merupakan titik yang diamankan, selain kantor Wali Kota Cilegon dan DPRD Kota Cilegon,” katanya.

Di tiga titik tersebut, personel gabungan yang sudah di plotting tahu apa yang mesti dilakukan seandainya ada potensi ancaman.

Dimasa pandemi Covid-19, ancaman yang akan timbul yaitu kerumunan masa, pembangkangan terhadap protokol kesehatan, ini yang menjadi  focus aparat keamanan

“Untuk ancaman yang lain seperti  unjuk rasa, sampai saat ini  belum ada surat  pemberitahuan kepada pihak kepolisian.Kalau pun ada kami sudah kami sudah antisipasi, sistem pengaman di tiga lokasi menggunakan pola ring satu, ring dua dan ring tiga,” tegas Kapolres Cilegon.

Untuk di rumah dinas Wali Kota Cilegon,  area ring satu dan ring dua, tidak sembarangan orang bisa masuk sebab  lokasi itu  steril, yang bisa masuk hanya  tamu  undangan

Pola pengaman yang sama juga diterapkan di kawasan di kantor Wali Kota Cilegon dan gedung DPRD Kota Cilegon di Jalan Jenderal Sudirman.

Aparat keamanan menetapkan ring paling luar adalah simpang lampu merah ADB dan bundaran landmark.

“Yang hanya bisa masuk sekali lagi yang mempunyai undangan, sehingga yang tidak diundang tidak bisa masuk,” jelas Sigit.

Dijelaskan dia, pengamanan ketat tersebut hanya semata-mata untuk pembatasan protokol kesehatan dan mencegah penyebaran Covid-19.

“Masyarakat yang ingin melihat seluruh prosesi pelantikan  Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon terpilih bisa menyaksikan di rumah masing-masing melalui  saluran youtube Pemerintah Provinsi Banten Jawara TV,” imbaunya.

Selain di Jawara TV, prosesi itu juga disiarkan langsung oleh radio Pemkot Cilegon yakni  LPPL Radio Mandiri FM di saluran 102 Mhz.(ps)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *