Home / Banten / Helldy:Sampai Saat Ini Belum Ada Pengusaha SPBU Mini Sampaikan Pengajuan IMB
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.Foto:Dok wongbanten.id

Helldy:Sampai Saat Ini Belum Ada Pengusaha SPBU Mini Sampaikan Pengajuan IMB

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Wali Kota Cilegon Heldy Agustian, akhirnya angkat bicara soal pembangunan serta  banyaknya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mini atau pom bensin mini tak berizin di wilayah Kota Cilegon.

Menurut Helldy, perizinan pom bensin mini dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM RI) Pusat, sebab kewenangan atas izin  pertambangan dan energi merupakan  otoritas pusat.

“Sementara, daerah dalam hal ini Pemkot Cilegon hanya mengeluarkan izin sarana prasarana berupa izin mendirikan bangunan (IMB).,” jelas Wali Kota Cilegon kepada wongbanten.id melalui pesan WhatsApp, Selasa (23/3/2021).

Baca:Sengkarut Perizinan Pom Mini di Cilegon, Tak Ada Izin Sudah Berdiri

Helldy juga menerangkan, dalam hal ini  kewajiban di daerah adalah kaitan dengan sarana dan prasarana yaitu permohonan untuk IMB.

“ Dan sampai saat  ini dari laporan yang saya terima, belum ada  satu pun persyaratan pengajuan IMB dari pengusaha pom bensin mini itu ke DPMPTSP Kota Cilegon,” tegasnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2018 tentang kegiatan  penyaluran BBM, bahan bakar gas dan liquified petroleum gas.Kegiatan penyaluran BBM  dan BBG kepada pengguna akhir pada wilayah penyaluran oleh penyalur bahan  bakar minyak bahan bakar gas yg terintegrasi pada perjanjian kerjasama diperbolehkan dalam rangka kelancaran pelaksanaan pendistribusian di seluruh wilayah NKRI.

Baca:Puluhan Warga Link Daliran Tanda Tangani Petisi Menolak Pembangunan SPBU Mini

Jadi prinsipnya lanjut Helldy, terkait beberapa pom bensin mini yang ada di 8 lokasi pada dasarnya diperbolehkan sesuai dengan dasar hukum Permen ESDM Nomor 29 Tahun 2017 dan perubahannya  Permen ESDM Nomor 52 Tahun 2018 dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 47301 sektor migas dengan izin usaha niaga dan minyak dan gas.(ps)

Check Also

Inilah Surat Edaran Satgas COVID-19 tentang Peniadaan Mudik Lebaran 2021

WONGBANTEN,ID,JAKARTA-Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan …

Dua Tersangka Pengedar 1,152 Kilogram Sabu di Lebak Terancam Hukuman Mati

WONGBANTEN.ID,LEBAK-Satuan Reserse Narkoba Polres Lebak menangkap dua orang pengedar narkotika jenis amphetamine atau sabu  jaringan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *