Home / Banten / Banyak Laporan Masyarakat Melalui Aplikasi SP4N LAPOR Tak Ditindaklanjuti, Tim Kemendagri Datangi Diskominfo Kota Cilegon
Kabag Program dan Umum Pusat Penerangan Kemendagri Anton, saat diwawancarai wartawan di MCC,Jumat (9/4).Foto:ist

Banyak Laporan Masyarakat Melalui Aplikasi SP4N LAPOR Tak Ditindaklanjuti, Tim Kemendagri Datangi Diskominfo Kota Cilegon

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Banyaknya laporan atau pengaduan dari masyarakat Kota Cilegon melalui aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berbasis online dengan aplikasi LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) SP4N LAPOR yang ditindaklanjuti, ternyata  persentasenya  rendah  dan tidak optimal.

Guna mengetahui hal tersebut, tim dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendatangi kantor Dinas Kominfo Sandi dan Statistik Kota Cilegon,Jumat (9/4/2021).

Kabag Program dan Umum Pusat Penerangan Kemendagri Anton menyatakan, kedatangannya tersebut untuk melihat bagaimana  perkembangan serta penanganan terkait dengan pengaduan masyarakat yang dikelola Diskominfo Kota Cilegon, dimana pengaduan masyarakat tersebut masuk dalam aplikasi SP4N LAPOR yang dikelola oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang berkordinasi dengan Kantor Staf Presiden (KSP).

Anton mengungkapkan, berdasarkan data di LAPOR ternyata pengaduan masyarakat yang ditindaklanjuti penyelesaiannya belum bagus atau belum optimal

“Makanya, kami datang kesini untuk mengetahui bagaimana dan kenapa pengaduan ini yang ditindaklanjuti persentasenya masih rendah?,” ujarnya dengan nada bertanya.

Dia pun mengungkapkan, alasan Dinas Kominfo Kota Cilegon terkait rendahnya penyelesaian pengaduan yang ditindaklanjuti  akibat  ada pergantian pihak  pengelola aplikasi.

“Diskominfo Sandi dan Statistik Kota Cilegon perlu belajar lagi terkait bagaimana mengelola pengaduan melalui aplikasi  SP4N LAPOR, itu saja yang kami tekankan,” tegasnya.

Menurutnya, hari ini pihaknya ada kegiatan  di Provinsi Banten dan Diskominfo Sandi dan Statistik Kota Cilegon pun diundang, namun Anton menjelaskan kedatangannya ke Cilegon hanya ingin tahu lebih dekat.

Ditambahkannya, aplikasi di dinas tersebut sudah ada dan tersambung  aplikasi SP4N LAPOR.Memang, kata Anton para pengelolanya perlu ditingkatkan.

“Dan kami juga sampikan data-data yang kami punya, sekaligus  bagimana cara mengelola SP4N LAPOR ini dengan baik,” katanya.

Saat ditanya mengenai apa isi pengaduan masyarakat Clegon yang disampaikan lewat SP4N LAPOR, Anton menjelaskan isi pengaduan yang dipakai masih persoalan teknis.

“Kami hanya lihat secara global,  kok tindaklanjutnya masih rendah,” jelasnya.

Menyangkut Good Governance

Dengan adanyan SP4N-LAPOR, penanganan pengaduan  dari masyarakat diharapkan lebih efektif sehingga pelayanan dapat dilakukan secara maksimal. Pemanfaatan SP4N-LAPOR juga dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, mengurangi konflik sehingga membantu terciptanya rasa aman di tengah-tengah masyarakat.

“Pengaduan masyarakat sangat penting,  karena menyangkut kinerja pemerintah daerah. Kalau satu atau dua orang yang mengadu ke pemerintah tidak tertangani  dengan baik, timbul ketidakpuasan masyarakat.Ketidak puasan menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat,” terang Anton.

SP4N LAPOR merupakan salah satu bentuk good governance yang mencerminkan  kinerja pelayanan publik yang baik.(ps)

Check Also

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Realisasi Insentif Nakes Capai 53,04%, Mendagri Apresiasi Gubernur Banten

Menteri  Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Mohammad Tito Karnavian memberikan  apresiasi kepada Gubernur Banten atas  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *