Home / ADV / HUT Kota Cilegon ke-22, Helldy-Sanuji Luncurkan Janji Kampanye Mulai dari KCS Hingga Beasiswa Full Sarjana
Seorang ibu yang anaknya menderita sakit lumpuh, memeluk Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang telah memberikan Kartu Cilegon Sehat (KCS) kesehatan berupa jaminan BPJS Kesehatan.Foto:ist

HUT Kota Cilegon ke-22, Helldy-Sanuji Luncurkan Janji Kampanye Mulai dari KCS Hingga Beasiswa Full Sarjana

DIRGAHAYU KOTA CILEGON..tanggal  27 April , Pemerintah Kota Cilegon selalu merayakan Hari Jadi Kota Cilegon.Tahun 2021, Kota Cilegon memasuki usia ke-22 tahun, peringatan hari lahir kota dengan julukan kota industri ini berada dalam pandemi Covid-19.

Riung mungpulung merupakan salah satu kegiatan sakral setiap memperingati hari jadi, acara tersebut merupakan media silaturahmi dalam mengeratkan  tali persaudaraan antara kepala daerah, forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), dewan perwakilan rakyat, organisasi perangkat daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat serta para pemangku kepentingan lainnya.

Di ulang tahun kali ini, yang diperingati secara sederhana namun khidmat di aula Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik Kota Cilegon, Selasa (27/4), dengan kemajuan teknologi, warga  Kota Cilegon dapat menyaksikan jalannya acara tersebut melalui media sosial yang telah disiapkan oleh panitia.

Menapak jejak menuju “Kota Cilegon Baru, Modern dan Bermartabat” 27 April 1999-27 April 2021 seperti kilas balik dalam riung mungpulung tahun ini, dimana  Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta yang  dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon pada   Jumat, 26/02/2021 menepati janjinya yakni peluncuran 100 hari  10 janji kampanye.

Dari 10 janji kampanye Helldy-Sanuji, 5 janji secara resmi diluncurkan dalam riung mungpulung yaitu pembagian Kartu Cilegon Sehat(KCS),honor RT/RW Rp1 juta/bulan, bea siswa full sarjana, ruang terbuka publik (alun-alun di setiap kelurahan), Rp100 juta/tahun dana lingkungan RW.

Foto bersama usai penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkot Cilegon dengan empat perguruan tinggi yaitu Untirta Serang, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Serang, Universitas Al-Khairiyah Cilegon dan STIKOM Insan Unggul, untuk program beasiswa. Foto:ist

KCS yang memiliki empat manfaat yaitu pertama, manfaat ekonomi untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM). Kedua, manfaat kesehatan berupa jaminan BPJS Kesehatan. Ketiga, manfaat pendidikan yaitu beasiswa sarjana. Terakhir, manfaat lapangan pekerjaan, mulai diberikan kepada warga Kota Cilegon.

Secara simbolis Helldy memberikan KCS  kepada empat warga Kota Cilegon, dimana ke empat warga tersebut mewakili masing-masing manfaat kartu tersebut.

Ada kejutan dalam ulang tahun kali ini, PT Krakatau Information Technology (KIT) memberikan kado khusus  kepada Pemkot Cilegon yaitu aplikasi Smart Village untuk akses informasi bagi warga.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon Ismatullah  menyerahkan buku pelajaran muatan lokal dengan judul  Nalek Base Jawe Cilegon  kepada Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

“Pemerintah Kota Cilegon berkomitmen dalam mencapai  tujuan Kota Cilegon dengan bekerja cerdas  dan bekerja keras agar semua masyarakat  Cilegon menjadi lebih baik, kita wujudkan Pemerintah Kota Cilegon  dalam mencapai  tujuan Kota Cilegon baru  modern dan bermartabat, dimana pemerintah memprioritaskan pelayanan masyarakat dan sebagai motor penggerak masyarakat serta meningkatkan pembangunan,“ ujar  Helldy dalam sambutannya.

Dijelaskannya, Cilegon yang bermartabat artinya Cilegon yang erat dengan nilai budi luhur, agama, budaya, dan seluruh aspek pembangunan.Masyarakat Cilegon adalah masyarakat yang diwarisi  dengan nilai-nilai religius yang sangat tinggi , warisan budaya yang begitu luhur dan sejarah yang menjadi semangat untuk kita lestarikan dan dijaga.

Wali Kota dan Wakil WQali Kota Cilegon Helldy-Sanuji saat akan masuk ke gedung Diskominfo Kota Ciilegon tempat riung mungpulung digelar.foto:poesaputra-wongbanten.id

Helldy  menjelaskan bahwa dalam mewujudkan visi misi Kota Cilegon, ada beberapa program sebagai upaya yang dilakukan.Dalam mewujudkan  visi misi Kota Cilegon ada 10 program yang dilakukan pemerintah, oleh karena itu realisasi 10 program unggulan tersebut harus di sesuaikan dengan berbagai regulasi dan disinkronkan dengan pendanaan APBD Tahun 2021.

“Maka sementara 5 program yang dapat direalisasikan, pertama, program 1 juta/ bulan honor  RT/RW yang akan mulai direalisasikan. Kedua, Program 100 juta/tahun dana lingkungan RW yang akan kita sinkronkan dengan program dana pembangunan wilayah kelurahan, ketiga, Pembangunan 43 ruang terbuka public, keempat, Program 8 fasilitas hobby dan komunitas, kelima, Program 25 ribu penyerapan tenaga kerja melalui program pelatihan dan pemagangan tenaga kerja, ” jelas Helldy.

Helldy berharap peringatan ini dimaknai sebagai momentum instropeksi dalam pelaksanaan agenda pembangunan, terutama upaya pemulihan ekonomi dan penanganan kesehatan akibat pandemi Covid-19.

“Kami memohon dukungan dari seluruh stakeholder untuk dapat merealisasikan 10 program unggulan demi tercapainya Cilegon baru yang modern dan bermartabat,”pintanya.(ADV)

 

 

Check Also

Penuhi Persediaan Jelang Lebaran, PMI Kota Cilegon Ajak Warga “Sedekah” Darah

WONGBANTEN.ID,CILEGON- Untuk memenuhi  kebutuhan dan menjaga persediaan darah yang aman  menjelang Hari Raya Idul Fitri …

Pandeglang Raih WTP 5 Kali Berturut-turut, Irna :Ini Hasil Kerja Semua

WONGBANTEN.ID,SERANG- Bupati Pandeglang Irna Narulita menyatakan, opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *