Home / Banten / Ketua Forum Wartawan Cilegon:Pelarangan Liputan di Lapas Cilegon, Preseden Buruk Bagi Kebebasan Pers
Berdalih Prokes Covid-19, petugas Lapas Kelas II Cilegon melarang belasan wartawan untuk meliputan kegiatan Festival Ramadhan di Masjid Al Muhajirin komplek Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon, Jumat (30/4/2021).Foto:ist

Ketua Forum Wartawan Cilegon:Pelarangan Liputan di Lapas Cilegon, Preseden Buruk Bagi Kebebasan Pers

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Ketua Forum Wartawan Cilegon (FWC)  Uri Masyhuri, menyayangkan insiden pelarangan oleh petugas lembaga pemasyarakatan  kepada para wartawan  yang akan melakukan peliputan Festival Ramadhan 1442 H yang digelar di Masjid Al Muhajirin, komplek Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon, Jumat (30/4/2021).

Menurutnya, peristiwa tersebut menjadi preseden buruk  bagi kebebasan pers di Kota Cilegon.

“Saya sangat menyayangkan,  karena lagi-lagi terjadi penghalangan terhadap kerja tugas wartawan di Kota Cilegon. Kita sadari bahwa saat ini pandemi Covid-19, tapi hal itu bukan berarti merampas ruang gerak kebebasan kami  dalam menjalankan  tugas sebagai  jurnalis. Tentunya dengan mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, harusnya bisa difasilitasi saat peliputan,” ujarnya, Jumat (30/4/2021).

Baca:Festival Ramadhan Lapas Kelas II Cilegon Dihadiri Wali Kota,Wartawan Dilarang Liputan

Wartawan yang mantan aktivis itu pun menegaskan, kerja jurnalistik para wartawan secara hukum dilindungi UU Pers Nomor 40 Tahun 1999. Karena itu, upaya menghalangi kerja jurnalistik  bisa saja dipidanakan.

Uri pun menilai, kalau melarang para jurnalis untuk meliput acara tersebut dengan dalih prokes Covid-19 sangat tidak masuk akal.

“Konyol itu, kalau takut penyebaran Covid-19 kenapa ngadain acara festival dan mengundang banyak orang masuk dalam kawasan lembaga pemasyarakatan,”sindirnya.(ps)

Check Also

Penuhi Persediaan Jelang Lebaran, PMI Kota Cilegon Ajak Warga “Sedekah” Darah

WONGBANTEN.ID,CILEGON- Untuk memenuhi  kebutuhan dan menjaga persediaan darah yang aman  menjelang Hari Raya Idul Fitri …

Pandeglang Raih WTP 5 Kali Berturut-turut, Irna :Ini Hasil Kerja Semua

WONGBANTEN.ID,SERANG- Bupati Pandeglang Irna Narulita menyatakan, opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *